Berita Aktual

PENYERAHAN SERTIFIKAT PANGAN JAJANAN ANAK USIA SEKOLAH (PJAS) AMAN

5 Desember 2021 06:47 WIB Dilihat 1102 Kali Balai Besar/Balai POM » Bandar Lampung

Bandar Lampung-Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) merupakan salah satu program strategis yang terkait dengan peningkatan kualitas SDM generasi penerus bangsa, dimulai dengan Aksi Nasional PJAS Tahun 2011 - 2014, dilanjutkan tahun 2017-2019 sebagai bagian dari program Germas dan menjadi Proyek Prioritas Nasional. Program PJAS ini berlanjut hingga tahun 2024.  

 

Program PJAS pada tahun 2020 disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID 19. Aktifitas tatap muka dibatasi dengan penutupan sekolah, terutama pada Zona Kuning, Zona Merah dan Zona Hitam sesuai Keputusan Bersama Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri terkait Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Namun demikian, penjaminan terhadap konsumsi pangan yang aman, bermutu dan bergizi bagi komunitas sekolah, terutama siswa, harus tetap menjadi prioritas.  

 

Tahun 2020 Balai Besar POM di Bandar Lampung telah melakukan intervensi keamanan pangan PJAS di Kabupaten Pesawaran dan Kota Metro, terdapat 18 sekolah (7 Sekolah di Kab. Pesawaran dan 11 Sekolah di Kota Metro) yang telah menyampaikan komitmen untuk PJAS aman dan telah mendapatkan piagam bintang keamanan pangan level 1 atas komitmen tersebut.

 

Komitmen sekolah sangat dibutuhkan untuk tersedianya pangan yang baik dan aman di sekolah maupun di sekitar sekolah. Sekolah sangat berperan besar dalam menetapkan kebijakan sehingga secara mandiri dapat melakukan pengawasan keamanan pangan dan penyebaran pesan keamanan pangan pada komunitas sekolah.

 

PPKM Level 4 yang membuat aktivitas tatap muka di sekolah digantikan dengan bentuk pertemuan daring. Namun sebagai kelanjutan pelaksanaan program PJAS telah dilakukan sampling di sekitar sekolah untuk tetap memantau keamanan pangan jajanan pangan anak sekolah.

 

Sampling dilakukan terhadap pangan jajanan anak usia sekolah untuk parameter mikrobiologi dan parameter kimia berbahaya yaitu Rhodamin, Methanyl Yellow, Boraks dan Formalin. Dan dari hasil sampling tersebut ternyata didapatkan hasil yang menunjukkan perkembangan yang baik, yaitu bahwa tidak ditemukan pangan jajanan anak sekolah yang mengandung 4 bahan berbahaya kimia berbahaya tersebut.Hal ini adalah berkat komitmen kita bersama untuk melindungi kesehatan anak-anak penerus bangsa dan memastikan tersedianya pangan jajanan anak usia sekolah yang aman untuk menjamin hidup sehat pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

 

Balai Besar POM di Bandar Lampung menyampaikan terima kasih atas peran serta sekolah yang telah berkomitmen dan berpartisipasi aktif melaksanakan program PJAS aman di sekolah masing-masing. Peran serta dalam menjalankan tugas-tugas ini sangat penting dalam rangka mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat sehingga mampu mendorong pertumbuhan generasi bangsa yang berkualitas, demikian disampaikan Kepala Balai Besar POM di Bandar Lampung, Sukriadi Darma dalam acara penyerahan sertifikat PJAS Aman terhadap 18 sekolah di Kabupaten Pesawaran dan Kota Metro, Jumat, 3 Desember 2021.