Berita Aktual

BBPOM DI BANDUNG GIAT LAKSANAKAN BIMTEK PENDAMPINGAN UMKM DAN DESK EVALUASI CAPA BAGI PELAKU USAHA UMKM PANGAN OLAHAN

27 Januari 2022 09:29 WIB Dilihat 867 Kali Balai Besar/Balai POM » Bandung

Dalam pemulihan ekonomi Indonesia, sektor UMKM memiliki peran yang sangat strategis dan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja. Mengingat pentingnya peran dan karakteristiknya tersebut maka perlu adanya upaya dari pemerintah untuk mengembangkan UMKM. Salah satu upaya peningkatan dan pengembangan UMKM dalam perekonomian nasional dilakukan dengan pemberdayaan UMKM yang bertujuan untuk menjadikan UMKM sebagai usaha yang mandiri dan tangguh dalam perekonomian nasional sehingga UMKM dapat menghasilkan produk yang aman, bermutu dan berkualitas serta memenuhi standar yang telah ditetapkan dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Dan sesuai dengan semangat keberpihakan kepada UMKM yang dicanangkan oleh pemerintah, BBPOM Di Bandung menyelenggarakan kegiatan Bimtek Pembinaan UMKM dan Desk Evaluasi CAPA Tahun 2022 pada tanggal 25-26 Januari 2022".

Bimtek Pembinaan UMKM dan Desk Evaluasi CAPA diawali dengan sambutan Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Di Bandung, Susan Gracia Arpan, yang menyampaikan bahwa Balai Besar POM Di Bandung akan secara kontinyu melakukan berbagai upaya agar pelaku usaha terutama UMKM mendapatkan percepatan dalam proses pendaftaran produk pangan,  dan melalui kegiatan Bimtek Pendampingan UMKM dan Desk Evaluasi CAPA ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha yang ingin mendaftarkan produk pangan yang diproduksinya.

Pada acara sosialisasi ini para peserta diberikan materi tentang Cara Produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) termasuk penjelasan mengenai dokumen-dokumen yang diperlukan untuk panduan mutu dan self assessment agar para pelaku UMK pangan memahami langkah-langkah dan regulasi terkait CPPOB sehingga dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam proses memperoleh izin penerapan CPPOB. Selama kegiatan berlangsung, para peserta sangat antusias dan berperan aktif dalam diskusi.

Sebagai rangkaian kegiatan ini, di hari kedua dilanjutkan dengan Desk Evaluasi CAPA dan Penyusunan Panduan Mutu yang diikuti oleh 25 UMKM pangan olahan yang akan mengajukan permohonan izin penerapan CPPOB. Pelaku usaha didampingi dan dibantu untuk membuat dan menyusun dokumen panduan mutu oleh petugas dari Balai Besar POM Di Bandung. Output dari kegiatan ini telah berhasil menerbitkan 8 akun dan aju permohonan ijin penerapan CPPOB melalui e-sertifikasi CPPOB.

Kegiatan ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pelaku UMKM pangan dan dapat memberikan bukti nyata dukungan bagi UMKM sehingga secara tidak langsung juga memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di era pemulihan ekonomi sekarang ini, selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja Balai Besar POM di Bandung.