Berita Aktual

TARGET LOKASI PROGRAM PRIORITAS NASIONAL DI TAHUN 2022 TELAH DISEPAKATI

28 Januari 2022 19:19 WIB Dilihat 822 Kali Balai Besar/Balai POM » Loka POM di Kabupaten Tanah Bumbu

Rangkaian persiapan menuju pelaksanaan Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu di Kabupaten Kotabaru Tahun 2022 memasuki tahap Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kotabaru. 

 

Bertempat di Aula Bappeda Kotabaru pada 27 Januari 2022, FGD dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan, ibu Suprapti Tri Astuti, ST., MT. Koordinator Infokom BBPOM Banjarmasin (Gusti Maulita Indriyana) hadir bersama Kepala Loka POM di Tanah Bumbu (Rahmat Hidayat). Adapun SKPD yang hadir diantaranya : Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kantor Kementerian Agama, Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan serta Dinas Komunikasi dan Informatika. 

 

FGD ini bertujuan untuk menentukan lokasi yang akan diintervensi berdasarkan masukan SKPD dan analisa kebutuhan di lapangan. Beberapa variabel yang dipertimbangkan diantaranya : angka stunting, lokasi wisata, ketersediaan akan kader yang berpotensi, dsb. “terimakasih atas kepercayaan kepada Kabupaten Kotabaru. Kami menyambut baik program ini. Program ini sangat erat kaitannya dengan pangan serta kesejahteraan masyarakat,” ucap Suprapti.

 

Berdasarkan kesepakatan bersama lokasi intervensi keamanan pangan terpadu akan dilaksanakan di 3 desa yakni : Desa Hilir Muara di Kecamatan Pulau Laut Sigam, Desa Tegalrejo di Kecamatan Kelumpang Hilir, dan Desa Sebelimbingan di Kecamatan Pulau Laut Utara. Sekolah yang diintervensi ada 6 yaitu : SDN 1 Tegalrejo, SDN 1 Dirgahayu, SDN 2 Dirgahayu, SDN 6 Dirgahayu, MIN 1 Kotabaru, dan SMPN 1 Kotabaru. Sedangkan Pasar Kemakmuran adalah pasar yang akan diintervensi keamanan pangannya.

 

Keamanan pangan, tanggungjawab kita bersama.

 

Ayo! Selalu lakukan Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi Obat dan Makanan serta menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak) untuk mencegah penyebaran COVID – 19.

 

#SahabatBPOM bisa mendapatkan informasi atau melakukan pengaduan tentang obat dan makanan dengan datang langsung ke Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Kantor Badan POM di Kab. Tanah Bumbu di Jln. Transmigrasi No.09 KM 3.5, Simpang Empat.

 

#SahabatBPOM juga bisa menghubungi kami melalui media sosial:

Instagram : bpomtanahbumbu

Facebook : Bpom Tanah Bumbu

Twitter : BPOM Tanah Bumbu

Youtube : BPOM TANAH BUMBU