Berita Aktual

KASN Apresiasi BPOM untuk Capaian Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku Tahun 2021

21 April 2022 20:24 WIB Dilihat 1405 Kali Kerjasama dan Humas

Bandung – Badan POM berhasil meraih kategori nilai tinggi pada Indeks Maturitas Penerapan Nilai Dasar, Kode Etik, dan Kode Perilaku (IM-NKK) Tahun 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto kepada Kepala Badan POM RI, Penny K Lukito pada acara rapat koordinasi Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Pengawas Obat dan Makanan yang mengusung tema Akselerasi Pengelolaan SDM Berbasis Sistem Merit dalam Mendukung Terwujudnya ASN BPOM Berkelas Dunia, Rabu (20/04/2022).

Dalam sambutannya, Penny K. Lukito menyampaikan terima kasih kepada KASN atas dukungan dan pengawalan dalam meningkatkan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Badan POM, khususnya terkait implementasi kebijakan manajemen ASN Badan POM berbasis sistem merit. Capaian ini merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi Badan POM untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi dalam proses pembangunan SDM berkelanjutan di Badan POM.

“Capaian ini tidak terlepas dari komitmen, kesungguhan, dan upaya terus-menerus jajaran Badan POM, yang dimotori oleh Biro SDM, untuk mewujudkan SDM profesional dan menerapkan kebijakan Kode Etik dan Kode Perilaku secara konsisten”, tambahnya.

Rapat koordinasi ini merupakan forum strategis untuk menyosialisasikan kebijakan terkini untuk mengoptimalkan efektivitas manajemen ASN Badan POM melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam mendukung Intelligence Human Capital Management di Badan POM. Hal ini juga sebagai upaya akselerasi pengelolaan SDM berkualitas dengan rekomendasi program dan kegiatan yang efektif, serta mengacu standar kompetensi pengembangan SDM sesuai kebutuhan organisasi yang terintegrasi dalam Digital Corporate University.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KASN juga menjelaskan bahwa KASN memiliki pertimbangan dalam memilih Badan POM sebagai pilot project. Hal ini didasarkan pada prestasi Badan POM sebagai salah satu instansi pemerintah yang mendapatkan penilaian sistem merit sangat baik.

Badan POM akan terus berproses dalam membangun dan memperbaiki sistem pengelolaan SDM berbasis sistem merit. Dengan penerapan sistem ini, diharapkan terbangun SDM Badan POM yang profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi dalam memberikan kontribusi positif guna mencapai visi dan misi Badan POM. (HM-Rahman)

 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat