Berita Aktual

Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Badan Pengawas Obat dan Makanan Dengan Universitas Negeri Jakarta dan Peresmian Food Safety Corner BPOM

10 Desember 2015 14:15 WIB Dilihat 978 Kali Unit Pusat » Dit Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan

Peningkatan kemampuan dan perluasan cakupan pengawasan maupun perlindungan konsumern sangat diperlukan mengingat semakin berkembangnya teknologi. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan kerjasama lintas sektor termasuk dengan Universitas.

 

Bertempat di Aula Gedung C Badan POM pada tanggal 7 Desember 2015 telah dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Badan POM dengan Universitas Negeri Jakarta. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof Djaali dan Kepala Badan POM, DR. Roy A Sparringa, M.App.SC , Penandatangan Notakesepahaman ini bersamaan juga dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama antara Badan POM dengan Kementerian Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak.

 

Tujuan dilakukannya Nota Kesepahaman ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh Badan POM dan Universitas Negeri Jakarta sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing.

 

Salah satu kerjasama yang telah dilakukan antara Universitas Negeri Jakarta dan Badan POM adalah Pelatihan Fasilitator Keamanan Pangan Sekolah (FKPS) dan Pelatihan Penyegaran FKPS yang diikuti oleh Guru PAUD serta Penyusunan Modul Keamanan Pangan untuk PAUD.

 

Setelah penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Badan POM dengan Universitas Negeri Jakarta, dilanjutkan dengan peresmian Food Safety Corner.

 

Food Safety Corner (FSC) diresmikan pada tanggal 7 Desember 2015 oleh Kepala Badan POM, Bapak Dr. Roy A. Sparringa, M.AppSc. dan Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Djaali. Peresmian Food Safety Corner merupakan rangkaian dari acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dengan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan serta Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan Rektor Universitas Negeri Jakarta. Food Safety Corner merupakan wadah edukasi keamanan pangan yang bertujuan untuk mempermudah pengunjung Badan POM memperoleh produk informasi keamanan pangan secara mandiri.

 

Kita dapat mencari berbagai jenis produk informasi keamanan pangan (PIKP) dalam bentuk buku, leaflet, majalah, poster, maupun video. Untuk memudahkan dalam pencarian produk informasi yang diinginkan, kami melengkapai Food Safety Corner dengan Situs Produk Informasi Keamanan Pangan (SISTOPAR-http://klubpompi.pom.go.id/id/sistopar). Setiap pengunjung Food Safety Corner harus menginputkan data diri pengunjung dan produk informasi keamanan pangan (PIKP) yang diambil pada situs tersebut. Pengunjung dapat juga berinteraksi langsung dengan keluarga POMpi secara interaktif di area Food Safety Corner.

 

Food Safety Corner berlokasi di Badan Pengawas Obat dan Makanan, Gedung F, Lantai 2, Jl. Percetakan Negara No.23, Jakarta Pusat.