Siaran Pers / Peringatan Publik

Pelantikan Pejabat Struktural Transformasi Internal Menuju Badan POM Bersih dan Melayani

12 Januari 2017 10:11 WIB Dilihat 8462 Kali Hukmas

SIARAN PERS

 

Pelantikan Pejabat Struktural

Transformasi Internal Menuju Badan POM Bersih dan Melayani

 

Jakarta – “Tugas utama yang diberikan Presiden kepada saya selaku Kepala Badan POM adalah mengawal reformasi birokrasi di Badan POM. Caranya dengan membangun sistem yang lebih kuat terkait kelembagaan dan struktur organisasi, regulasi, serta sistem pengawasan”. Demikian disampaikan Kepala Badan POM, Penny K. Lukito pada paparan capaian kinerja 100 hari kerja beberapa waktu yang lalu.

 

Proses reformasi birokrasi saat ini memang tengah bergulir di lingkungan Badan POM. Tujuan utama pelaksanaan reformasi birokrasi ini tidak lain adalah demi memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat Indonesia. Salah satu langkah yang diambil dalam mewujudkan reformasi birokrasi di Badan POM adalah dengan melakukan deregulasi untuk percepatan registrasi dalam rangka mempercepat waktu pelayanan melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi. Badan POM pun terus mengupayakan peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan dengan akan disahkannya Instruksi Presiden mengenai hal tersebut.

 

Tidak hanya itu, Badan POM pun terus berbenah dari aspek manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk membentuk aparat Badan POM yang professional dan siap berubah. Berdasarkan Keputusan Kepala Badan POM No. HK.04.1.6.10.16.4061 tahun 2016 tanggal 25 November 2016, telah dibentuk Tim Sapu Bersih Pungutan Liar sebagai implementasi Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Tim tersebut dibentuk untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik di Badan POM. Strategi yang dilakukan terkait pencegahan tindak pungutan liar di lingkungan Badan POM, antara lain melalui pelarangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan POM menjadi penanggung jawab sarana yang menjadi obyek pengawasan Badan POM dan pelarangan penggunaan biro jasa (calo) dalam proses pengurusan perizinan.

 

Penguatan kelembagaan Badan POM juga terus dilakukan, salah satunya melalui perkuatan sumber daya manusia (SDM) Badan POM yang berjumlah 3.813 pegawai di seluruh Indonesia. Setelah pada Oktober 2016 lalu melakukan perombakan terhadap 19 orang pejabat struktural, Badan POM kembali melakukan perombakan besar-besaran. Hari ini, Kamis, 12 Januari 2017, sejumlah 30 orang pejabat struktural dimutasi, rotasi, dan/atau promosi untuk menduduki berbagai jabatan struktural eselon II, III, dan IV di Badan POM pusat dan 1 orang dilantik sebagai Kepala Balai POM di Manokwari. Selain itu, akan dilakukan pelantikan terhadap 16 orang untuk menduduki jabatan struktural eselon IV di lingkungan Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

 

Penny menyatakan bahwa perombakan SDM dilakukan sebagai upaya peningkatan kinerja pengawasan Badan POM. “Pelantikan pejabat struktural ini merupakan bukti keseriusan kami dalam melakukan reformasi di lingkungan Badan POM”, tegas Penny. “Para pejabat yang dilantik diharapkan mampu menciptakan suasana baru di unit kerjanya dan dapat melahirkan berbagai terobosan terhadap sistem kerja Badan POM, sehingga pada akhirnya mampu memberikan perubahan positif terhadap kinerja Badan POM”, lanjutnya.

 

Dengan adanya personil baru dalam struktur organisasi Badan POM, tentunya banyak pula tugas yang telah menanti para pejabat baru tersebut, terutama terkait dengan rencana penguatan kelembagaan Badan POM dan revitalisasi Badan POM. Sebagai pemimpin, diharapkan agar para pejabat baru berani mengambil risiko atas jabatan yang diembannya dan terus berupaya memberikan yang terbaik demi meningkatkan kualitas kinerja Badan POM dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia di bidang pengawasan Obat dan Makanan.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi:

Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id, Twitter @bpom_ri, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

 

Daftar Pejabat yang Dilantik