Siaran Pers / Peringatan Publik

HUBUNGI BADAN POM JIKA RAGU TERHADAP OBAT YANG DIBELI

9 Agustus 2019 15:35 WIB Dilihat 289 Kali Humas & DSP

SIARAN PERS

HUBUNGI BADAN POM JIKA RAGU TERHADAP OBAT YANG DIBELI

 

 

Jakarta – Sehubungan dengan adanya temuan obat palsu baru-baru ini, Badan POM mengajak masyarakat dapat berperan aktif dalam pengawasan obat dan makanan dengan menjadi konsumen cerdas dalam membeli atau mengonsumsi obat dan makanan, serta melaporkan jika menemukan produk yang meragukan. Hal itu disampaikan Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito di Jakarta, Kamis (01/08).

 

Sebagai upaya perlindungan terhadap masyarakat terkait temuan obat palsu di apotek, 33 Balai Besar/Balai POM dan 40 Kantor Badan POM di kabupaten/kota seluruh Indonesia telah melakukan intensifikasi pengawasan obat di apotek-apotek, utamanya untuk mendeteksi penyebaran peredaran obat palsu dari Pedagang Besar Farmasi (PBF) PT. Jaya Karunia Investindo (JKI) dan mengamankan obat-obat tersebut.

 

“Badan POM telah menerbitkan rekomendasi pencabutan izin PBF PT. JKI yang telah ditindaklanjuti dengan pencabutan izin PBF Pusat PT. JKI dari Kementerian Kesehatan pada tanggal 24 Juli 2019 berdasarkan surat Keputusan Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan nomor FP.01.04/IV/0996/2019,” ungkap Kepala Badan POM. “Selain itu juga telah dilakukan pencabutan izin PBF Cabang Tangerang oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Banten berdasarkan surat Keputusan Nomor 570/29-DPMPTSP/VII/2019 tanggal 25 Juli 2019,” lanjutnya.

 

Dalam menindaklanjuti kasus ini, selain bersinergi dengan POLRI dalam proses pro-justitia, Badan POM berkoordinasi dan berkomunikasi dengan lintas sektor terkait termasuk organisasi profesi dan asosiasi pengusaha di bidang obat. “Masyarakat jangan ragu menghubungi Badan POM jika menemukan atau mencurigai adanya peredaran produk obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan,” pesan Kepala Badan POM.

 

 

Informasi lebih lanjut hubungi:

Contact Center  HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id, twitter@BPOM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.