Siaran Pers / Peringatan Publik

SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU

15 Agustus 2019 21:30 WIB Dilihat 254 Kali Humas & DSP

SIARAN PERS

SDM UNGGUL, INDONESIA MAJU

 


Jakarta – Sejalan dengan program pemerintahan Joko Widodo­Jusuf Kalla yang menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai arah pembangunan bangsa, Badan POM memprioritaskan pembangunan SDM untuk menyiapkan generasi pencipta pembaruan guna memperkuat pengawasan obat dan makanan hingga penjuru negeri. Pengembangan SDM dilakukan untuk mewujudkan kinerja organisasi dan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

 

Revolusi industri 4.0 menuntut SDM Indonesia termasuk Badan POM harus siap menuju perubahan besar seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Terlebih mengingat industri farmasi, kosmetik, produk herbal, dan pangan yang disebut sebagai wellness industry termasuk sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0 dan menjadi andalan revolusi industri di Indonesia, karena memiliki added value tinggi.

 

Saat ini SDM Badan POM yang berjumlah 4.766 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, terdiri dari berbagai latar belakang disiplin ilmu, baik ilmu alam, ilmu sosial, maupun ilmu humaniora. “SDM dengan beragam latar belakang pendidikan ini diharapkan mampu menjalankan tugas dan fungsi sesuai jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan POM yang berdedikasi mengawal keamanan obat dan makanan agar kesehatan dan daya saing masyarakat Indonesia meningkat sesuai dengan visi misi Badan POM,” tegas Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito.

 

Pengembangan kompetensi SDM menjadi perhatian Badan POM. Pengembangan kompetensi tersebut dibedakan menjadi dua yaitu untuk pejabat struktural dan pejabat fungsional. Pengembangan kompetensi pejabat struktural dilakukan melalui implementasi manajemen talenta sesuai dengan ketentuan sistem merit dalam manajemen ASN dengan mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja pegawai. Sedangkan pengembangan kompetensi pejabat fungsional dilakukan melalui program pelatihan berjenjang dan terstruktur sesuai ketentuan dalam peraturan manajemen jabatan fungsional. “Semua hal tersebut diatas dilakukan untuk menciptakan dan mewujudkan SDM yang unggul,” ungkap Kepala Badan POM.

 

Hari ini, Kamis, 15 Agustus 2019, seluruh SDM Badan POM berkumpul untuk merayakan dan mengungkapkan rasa syukur kemerdekaan Indonesia sekaligus mengobarkan kembali semangat juang para pahlawan melalui penyelenggaraan Hari Olah Raga dan Seni. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memupuk kebersamaan, jiwa nasionalisme, dan patriotism SDM Badan POM. “Kami sengaja secara khusus menyelenggarakan kegiatan ini, selain untuk menyeimbangkan rutinitas pekerjaan sehari-hari dengan kegiatan olah raga dan seni, juga untuk turut menyemarakkan perayaan 74 tahun Republik Indonesia,” ujar Penny K. Lukito. "Sekaligus untuk menggali potensi dan menyalurkan bakat dan hobi para ASN Badan POM di bidang olah raga dan seni, khususnya para milenials," lanjutnya.

 

Kegiatan Hari Olah Raga dan Seni diawali dengan estafet obor pembangkit semangat yang dibawa oleh para pelari Badan POM mengelilingi kantor seputar Jl. Percetakan Negara No. 23. Acara kemudian dilanjutkan dengan beragam lomba mulai dari tenis meja, bulu tangkis, futsal, volley, catur, sampai lomba menghias tumpeng, tarik tambang, balap karung, lomba bakiak, dan paduan suara. Kepala Badan POM berpesan agar seluruh peserta lomba bertanding dengan sportif dan kreatif. “Tunjukkan bahwa SDM Badan POM unggul, siap menuju Indonesia Maju.” tutup Kepala Badan POM.

 

_____________________________________________________________________________________________________________________

Informasi lebih lanjut hubungi:

Contact Center HALO BADAN POM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email haloBadan POM@pom.go.id, twitter @BADAN POM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar /Balai POM di seluruh Indonesia.