Siaran Pers / Peringatan Publik

BUDAYA INDONESIA MENJAMU DUNIA

17 November 2019 12:23 WIB Dilihat 576 Kali Humas & DSP

SIARAN PERS

BUDAYA INDONESIA MENJAMU DUNIA

 

Jakarta – Jamu memiliki dimensi manfaat yang luas mencakup aspek perekonomian, sosial budaya, dan kesehatan. Tren masyarakat untuk kembali ke alam (back to nature) membuka peluang produk jamu untuk terus berkembang. Saat ini, 90% pasar jamu di Indonesia dikuasai oleh produsen lokal.

 

“Jamu, bagi orang Indonesia bukan hanya merupakan produk minuman, tetapi juga produk budaya yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Meminum jamu adalah tradisi yang dilakukan secara turun temurun, antar generasi,” ungkap Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito. “Sayangnya, minat minum jamu menurun belakangan ini, apalagi di kalangan generasi milenial. Padahal konsumsi jamu dapat membantu menjaga kesehatan. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya agar masyarakat lebih mengenal dan memahami manfaat minum jamu,” lanjutnya.

 

Saat ini, dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dan semakin kritisnya pemikiran masyarakat terutama para kaum milenial dengan pola pikir out of the box, menuntut pemerintah dan pelaku usaha untuk selalu berinovasi dalam pengembangan industri dan produk jamu. Salah satunya dengan modernisasi pemasaran maupun pengembangan produk dengan bentuk yang modern namun tetap memenuhi ketentuan dan persyaratan.

 

Berbagai terobosan dilakukan untuk mendorong pengembangan jamu oleh industri dan UMKM Jamu agar daya saing jamu semakin meningkat, termasuk Program Bapak Angkat bagi UMKM jamu, yang diinisiasi Badan POM tahun 2018 lalu. Bapak Angkat UMKM Jamu merupakan program inisiatif Badan POM yang melibatkan Industri Obat Tradisional (IOT) untuk bersama-sama mengembangkan UMKM jamu agar mampu bersaing di pasar nasional dan global.

 

Di sisi pelaku usaha, beragam inovasi pun dilakukan untuk perluasan akses pasar jamu antara lain melalui sistem penjualan jamu online, modernisasi pemasaran jamu misalnya melalui pengembangan cafe jamu, dan peningkatan awareness konsumen melalui kampanye jamu di sekolah dan kampus (Jamu Goes to School and Campus).

 

“Kafe Jamu adalah salah satu upaya dalam membudayakan minum jamu dengan cara yang lebih modern dan memperkenalkan jamu untuk generasi milenial dengan cara yang berbeda,” tutur Kepala Badan POM. “Keberadaan kafe jamu dapat mendukung budaya minum jamu sebagai healthy lifestyle dan mengampanyekan jamu sebagai Indonesia heritage,” tambahnya.

 

Hari ini, Minggu (17/11/19) Badan POM hadir memberikan dukungan penuh pada launching Kafe Jamu Acaraki di daerah Kemang Jakarta. Kafe Jamu Acaraki adalah kedai jamu modern yang menyajikan jamu dengan teknik penyeduhan kontemporer yang mempunyai visi untuk “menjamu dunia” dengan memperkenalkan jamu warisan budaya leluhur kepada masyarakat dunia.

 

“Kami menyampaikan apresiasi kepada PT Sinde Budi Sentosa yang membuka Kafé Jamu Acaraki ini. PT Sinde Budi Sentosa merupakan salah satu Industri Obat Tradisional yang telah menyatakan komitmennya menjadi “Bapak Angkat” bagi UMKM Jamu,” ujar Kepala Badan POM. “Kami berharap ke depannya industri obat tradisional lainnya juga dapat berperan aktif dalam mendorong kemajuan UMKM, antara lain dengan memberikan pelatihan maupun bantuan lainnya kepada UMKM Jamu, sehingga jamu semakin memasyarakat dan membudaya tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia.” tutup Penny K. Lukito.

 

__________________________________________________________________________________________________

Informasi lebih lanjut hubungi: Contact Center HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 0-8121-9999-533, email halobpom@pom.go.id,  twitter@BPOM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.