Siaran Pers / Peringatan Publik

Generasi Milenial Sadar Pangan Aman “Aksi Kita adalah Masa Depan Kita”

27 Oktober 2020 13:00 WIB Dilihat 882 Kali Humas & DSP

SIARAN PERS

Generasi Milenial Sadar Pangan Aman “Aksi Kita adalah Masa Depan Kita

 

 

Jakarta – Selasa (27/10) Badan POM menggelar Gebyar Milenial Keamanan Pangan yang mengangkat tema “Generasi Milenial, Tingkatkan Kesehatan dengan Sadar Pangan Aman. Aksi Kita adalah Masa Depan Kita”. Kegiatan diikuti oleh perwakilan siswa SMA/SMK/Madrasah Aliyah dan mahasiswa dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Gebyar Milenial Keamanan Pangan merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Pangan Dunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tahun ini Hari Pangan Dunia mengusung tema “Tumbuhkan, Pelihara, dan Lestarikan. Bersama. Aksi Kita adalah Masa Depan Kita. Setiap yang kita lakukan harus membawa dampak kebaikan dan investasi di masa yang akan datang”.

 

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyampaikan bahwa generasi muda penerus bangsa dapat menjadi Pahlawan Pangan atau Food Heroes dengan memilih pangan yang aman, bermutu, dan bergizi. “Generasi muda juga dapat mendorong orang tua dan kerabat untuk membeli produk pangan lokal dan menjadi Duta Keamanan Pangan yang menyebarkan informasi tentang Keamanan Pangan,” ungkap Kepala Badan POM. Konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan bergizi akan berdampak pada pembentukan generasi muda yang sehat, aktif, dan kreatif, serta turut beraksi untuk investasi masa depan.

 

“Badan POM tak henti mengajak generasi muda untuk menjadi konsumen yang cerdas dan kritis. Jangan mudah termakan isu atau hoaks di media sosial,” pesan Kepala Badan POM. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2018-2019, hoaks terkait isu kesehatan, termasuk isu obat dan makanan berada pada peringkat ketiga, yaitu sebanyak 401 konten hoaks atau 10,28% setelah isu politik sebanyak 973 konten hoaks atau 24,94, dan isu pemerintahan sebanyak 743 konten hoaks atau 19,05%.

 

“Generasi muda sebagai kaum intelektual harus “melek informasi” dan aktif melakukan “cek dan ricek” terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya,” imbau Kepala Badan POM. Salah satu caranya dengan follow dan subscribe akun media sosial Badan POM baik Facebook, Instagram, Twitter, maupun Youtube. Dari berbagai akun ini, generasi muda dan masyarakat lainnya dapat mengakses informasi keamanan pangan yang benar dan up to date.

 

Kepala Badan POM juga mengingatkan agar bijak berbelanja secara online. Selama bulan Januari - September 2020 Badan POM telah mengusulkan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika dan e-Commerce untuk melakukan take down 12.427 link situs atau platform terkait pangan olahan yang melanggar ketentuan, termasuk menjual pangan olahan ilegal/Tanpa Izin Edar (TIE) dan tidak memenuhi persyaratan (label yang over claimed).

 

Sebagai penutup, Kepala Badan POM menyampaikan pesan kepada seluruh peserta, khususnya generasi milenial. “Para pemuda dan pemudi generasi milenial harus proaktif menjadi agen perubahan. Selalu kampanyekan adaptasi kebiasaan baru pada era new normal (menjaga jarak, selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan air dan sabun), tebarkan semangat positif untuk membangun negeri dengan jalani hidup sehat dan cerdas dalam memilih pangan yang aman, bermutu, dan bergizi.” tutup Kepala Badan POM.

 

_________________________________________________________________________________

Informasi lebih lanjut hubungi:

Contact Center HALOBPOM di nomor telepon 1500533, SMS 0-8121-9999-533, WhatsApp 0811-9181 533, e-mail halobpom@pom.go.id,  twitter@BPOM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia