Siaran Pers / Peringatan Publik

Sinergi Badan POM Bersama Gerakan Pramuka dalam Pelaksanaan KIE Peroleh Penganugerahan Rekor MURI

3 September 2021 10:17 WIB Dilihat 1862 Kali Kerjasama dan Humas

SIARAN PERS

Sinergi Badan POM Bersama Gerakan Pramuka dalam Pelaksanaan KIE

Peroleh Penganugerahan Rekor MURI

 

Bandung – Badan POM melalui Balai Besar POM (BBPOM) di Bandung menggandeng kepramukaan Kwartir Jawa Barat dalam pelaksanaan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dan pemberdayaan komunitas. KIE tersebut dikemas melalui penyelenggaraan Lomba Film Pendek tentang Keamanan Obat dan Makanan bagi Pramuka Penggalang dan Penegak se-Jawa Barat pada Juni hingga September 2021.

 

Selama digelar, Lomba Film Pendek ini berhasil mengumpulkan 1.095 film pendek karya Kwartir Cabang di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Angka ini berhasil menjadi Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk Pembuatan Film, yang sebelumnya dicapai oleh Pemerintah DKI Jakarta dengan jumlah 1.067 film pendek.

 

Penganugerahan MURI diserahkan secara langsung oleh pihak MURI kepada Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dan Ketua Kwarda Pramuka Jawa Barat pada Penganugerahan Rekor MURI Gebyar KIE 1.095 Film Pendek Obat dan Makanan, Jumat (03/09). Dalam kegiatan hari ini, Badan POM sekaligus mengumumkan Pemenang dari Lomba Film Pendek tersebut.

 

Kepala Badan POM dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas peran serta adik-adik Pramuka yang telah memberikan karya terbaiknya. Sekalipun di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dengan adanya Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

“Capaian luar biasa ini terwujud atas partisipasi aktif dan kolaborasi yang sangat membanggakan dari 2.099 anggota Pramuka Penggalang dan Penegak, serta anggota Pramuka berkebutuhan khusus se-Jawa Barat yang menjadi peserta lomba,” ujar Kepala Badan POM.

 

“Saya mengapresiasi dukungan Kwartir Daerah serta seluruh Kwartir Cabang dan Kwartir Ranting di wilayah Jawa Barat dalam pemberdayaan anggota Pramuka Penegak, Penggalang, serta Pramuka berkebutuhan khusus untuk mengikuti Lomba Film Pendek ini. Partisipasi aktif anggota Pramuka Jawa Barat pada lomba ini mencerminkan motivasi dan semangat tinggi untuk berkontribusi nyata dalam peningkatan keamanan obat dan makanan,” tambah Kepala Badan POM.

 

Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, Badan POM bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melakukan kegiatan KIE. Hal ini didasari kesadaran bahwa masyarakat perlu memiliki pemahaman yang cukup terkait komoditas obat dan makanan yang dikonsumsinya. Untuk itu, Badan POM berkomitmen agar KIE masyarakat dilakukan secara kontinu dan terus diperluas melalui kolaborasi dan kerja sama lintas sektor. Dalam hal ini, Pramuka merupakan salah satu pihak yang aktif berkontribusi mendukung Badan POM dalam memberdayakan masyarakat.

 

Pada tahun 2017, Badan POM dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pemberdayaan Potensi Gerakan Pramuka dalam Peningkatan Keamanan Obat dan Makanan. Sejak saat itu, Pramuka telah terlibat dalam kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM di seluruh Indonesia bersama mitra Gerakan Pramuka di daerah seperti Pramuka Sadar Pangan Aman (Pramuka Sapa), Kader Pramuka Peduli Obat dan Pangan Aman, pembentukan SaKa POM, dan Duta Informasi Obat dan Makanan. Para Kader Pramuka ini diharapkan dapat terus meningkat, sehingga tujuan untuk mencerdaskan konsumen Obat dan Makanan Indonesia akan semakin mudah tercapai.

 

Karena itu, pencapaian dari para pemenang Lomba Film Pendek dan perolehan MURI oleh Badan POM hari ini menjadi keberhasilan bersama dalam melaksanakan KIE secara masif. “Saya berharap karya dari lomba ini dapat terus disebarluaskan secara masif kepada seluruh masyarakat, khususnya melalui jejaring Kwartir Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia. Dan semoga sinergi ini berkontribusi nyata pada peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan di Jawa Barat pada khususnya, serta di seluruh Indonesia pada umumnya,” tukas Kepala Badan POM menutup sambutannya.

 

Informasi lebih lanjut dan penyampaian pengaduan hubungi: lapor.go.id, Contact Center HALOBPOM 1-500-533 (pulsa lokal), SMS 0812-1-9999-533, WhatsApp 0811-9181-533, e-mail halobpom@pom.go.id, Instagram @BPOM_RI, Facebook Fanpage @bpom.official, Twitter @BPOM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia.