Siaran Pers / Peringatan Publik

Gelar Kegiatan Badan POM Mendukung “World Food Day” : Keamanan Pangan dan Nutrisi bagi Generasi yang Berkualitas

20 Oktober 2021 11:35 WIB Dilihat 2325 Kali Kerjasama dan Humas

SIARAN PERS

 

Gelar Kegiatan Badan POM Mendukung “World Food Day” :

Keamanan Pangan dan Nutrisi bagi Generasi yang Berkualitas

 

Jakarta – Badan POM terus berkomitmen dan mendukung berbagai upaya untuk pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 serta Visi Indonesia Emas 2045 dengan harapan terciptanya generasi produktif yang berkualitas untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Upaya tersebut salah satunya diwujudkan dalam gelar kegiatan “Keamanan Pangan dan Nutrisi untuk Membangun Generasi Berkualitas” yang diawali dengan workshop pada Hari Selasa (19/10). Kegiatan ini merupakan salah satu dukungan Badan POM dalam memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Hari Pangan Sedunia tahun ini menyoroti upaya-upaya untuk mewujudkan produksi pertanian yang baik, nutrisi yang baik, lingkungan yang baik, dan akan memberikan kehidupan yang lebih baik.

Badan POM terus berperan aktif dalam mengampanyekan keamanan, mutu, dan gizi pangan serta mengajak segenap pihak untuk saling bahu membahu dalam mengawal keamanan pangan di sepanjang rantai pangan. Badan POM berkomitmen melaksanakan produksi pangan melalui Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik, nutrisi yang baik, tidak membuang sampah sisa makanan yang dapat merusak lingkungan, untuk menuju hari esok yang lebih baik.

Gelar kegiatan tersebut antara lain peluncuran 3 (tiga) program aplikasi mengenai keamanan pangan; kegiatan webinar dan ekshibisi virtual untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); serta pemberian apresiasi kepada pihak-pihak yang fokus pada peningkatan keamanan pangan. Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan kementerian/lembaga, siswa/pelajar, dan para pelaku UMKM pangan.

Badan POM melakukan launching 3 (tiga) program aplikasi untuk mendukung kemudahan berusaha, yaitu Aplikasi Sertifikat Pemenuhan Komitmen Produksi Pangan Olahan Industri Rumah Tangga (SPPIRT) terintegrasi dengan Online Single Submission Risk-Based Approached (OSS-RBA) dan E-sertifikasi CPPOB. Selain itu, dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat terkait keamanan pangan, Badan POM juga meluncurkan Aplikasi Pramuka Sadar Pangan Aman (Pramuka Sapa).

Dalam rangkaian kegiatan juga diadakan Webinar Usaha Mikro Kecil (UMK) Camp pada tanggal 20–22 Oktober 2021 untuk meningkatkan pengetahuan keamanan pangan, sekaligus pemasaran produk UMKM pangan olahan. Pada kegiatan ini diadakan virtual exhibition yang di dalamnya terdapat 25 booth terdiri dari 17 booth yang menampilkan 68 UMKM binaan yang dikelompokkan sesuai jenis pangan, 7 booth pelayanan publik, serta 1 booth marketplace BUMN-PADI (Pasar Digital). Virtual exhibition ini merupakan kegiatan pameran produk UMK berbasis web selama 6 (enam) hari dengan target 1.000 pengunjung setiap harinya.

Pada kesempatan ini, Badan POM juga memberikan apresiasi kepada sekolah, pelajar, pelaku UMKM, fasilitator, dan kader yang telah berpartisipasi dalam berbagai lomba keamanan pangan. Apresiasi ini diharapkan menjadi penambah semangat bagi pelaku UMKM, sekolah, siswa, Fasilitator Keamanan Pangan dan Kader Keamanan Pangan untuk terus menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas, dan partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dalam upaya mewujudkan keamanan pangan.

Makanan yang kita pilih, cara kita mengonsumsinya, dan cara mendapatkannya sangat mempengaruhi kesehatan dan keberlangsungan hidup kita. Kita semua harus menjadi bagian dari perubahan untuk kehidupan yang lebih baik saat ini dan di masa yang akan datang”, pesan Kepala Badan POM kepada para hadirin.

Pada hari ini juga dilakukan penyerahan Nomor Izin Edar (NIE), Sertifikat Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Sertifikat Program Manajemen Risiko (PMR) kepada perwakilan UMKM binaan Badan POM, serta penerima Sertifikat Manajemen Keamanan Pangan Olahan. Selain itu, diberikan juga sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), serta Sertifikat Pemenuhan Aspek (SPA) CPKB kepada perwakilan perusahaan.

Berbagai upaya untuk meningkatkan implementasi keamanan pangan harus terus didukung dan dilakukan secara terus menerus. Gelar kegiatan tahun ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk terus menginspirasi dan menguatkan komitmen berbagai lintas sektor dalam rangka mewujudkan keamanan pangan di Indonesia.

 

Apabila masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut atau menyampaikan pengaduan, dapat menghubungi lapor.go.id, Contact Center HALOBPOM 1-500-533 (pulsa lokal), SMS 0812-1-9999-533, WhatsApp 0811-9181-533, e-mail halobpom@pom.go.id, Instagram @BPOM_RI, Facebook Fanpage @bpom.official, Twitter @BPOM_RI, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia.