Indonesia sebagai Lead Country dalam Pengembangan ASEAN Cosmetic Method (ACM) Baru


Example image

Jakarta – ASEAN Cosmetic Testing Laboratories Committee (ACTLC) merupakan salah satu komite yang berada dibawah ASEAN Cosmetic Committee (ACC) yang dibentuk dalam rangka harmonisasi Metode Analisis bahan dilarang dan bahan dibatasi dalam kosmetik, serta untuk meningkatkan kompetensi pengujian kosmetik di Negara anggota ASEAN. Setiap tahunnya, ACTLC mengadakan meeting bersamaan dengan pelaksanaan meeting ASEAN Cosmetic Scientific Body (ACSB). Hasil dari ACTLC meeting akan dipaparkan pada sidang ACC.

ACTLC Meeting ke-17 yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober 2021 secara virtual melalui video conference, dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN), Mohamad Kashuri beserta tim sebagai perwakilan Indonesia, Sekretariat ASEAN, serta ASEAN Member States (AMS) lainnya yaitu Brunei Darussalam, Laos PDR, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam.

Indonesia dalam hal ini PPPOMN pada pertemuan ACTLC sebelumnya telah diajukan sebagai Lead Country dalam pengembangan metode analisis yang nantinya akan menjadi ASEAN Cosmetic Method (ACM) baru dengan judul Determination of 1,4 Dioxane in Cosmetics Using Head Space Sampler Gas Chromatography - Mass Spectrophotometry.

Dalam ACTLC Meeting ke-17, Indonesia memaparkan progress report terhadap pengembangan metode analisis Determination of 1,4 Dioxane in Cosmetics Using Head Space Sampler Gas Chromatography - Mass Spectrophotometry. Validasi Metode Analisis tersebut akan menggunakan 1,4-Dioxane-d8 sebagai internal standards yang akan diselesaikan pada akhir tahun ini.

Indonesia juga telah berdiskusi dengan Korea Selatan, Singapura dan Thailand melalui ASEAN Sekretariat dalam penyiapan sampel Kolaborasi, mengingat untuk menjadi ASEAN Cosmetic Method (ACM), diperlukan adanya Uji Kolaborasi tingkat ASEAN yang diikuti oleh ASEAN Member States (AMS).

ACTLC ini merupakan salah satu wujud konkrit partisipasi aktif Indonesia dalam jejaring laboratorium kosmetik tingkat ASEAN serta memberikan dukungan teknis pada pengawasan post-market melalui penguatan laboratorium pengujian kosmetik.

-NFS-



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang tampilan dan konten website Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional?

KONTAK KAMI

  Jalan Percetakan Negara Nomor 23
    Jakarta - 10560 - Indonesia


  +6221 4244691 / 42883309 / 42883462

  +6221 4263333

  +6281 21 9999 533 (SMS)

  ppid@pom.go.id
      halobpom@pom.go.id / pengaduanyanblik@pom.go.id

© 2019 PPPOMN - BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA