Pelatihan Teknis Pengujian dan Pembahasan Kendala dalam Sampel Kasus


Example image

Jakarta. Balai Pengujian Khusus Obat dan Makanan, PPPOMN telah melaksanakan pelatihan teknis pengujian dan pembahasan kendala dalam sampel kasus  secara daring pada tanggal 29-30 Maret 2022.

Pelatihan dihadiri oleh 625 peserta dari Internal BPOM, Instansi pemerintahan, dan beberapa stakeholder. 

Narasumber dari Universitas Airlangga, Prof.Dr.rer.Nat.M.Yuwono M.S., Apt memaparkan teori mengenai teknis pengujian sampel kasus obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, dan makanan yang meliputi kasus yang beredar saat ini, tantangan pengujian dan tahapan pengujian. 

Narasumber ahli dari Pusat Laboratorium Forensik Bareskrim POLRI, Komisaris Polisi Yuswardi,S.Si., Apt., M.M menjelaskan kasus narkoba di Indonesia, cara sampling, pemeriksaan barang bukti narkoba dan obat berbahaya yang diawali dengan pengujian rapid test dan dilanjutkan dengan uji konfirmasi dengan instrumen. 

Narasumber ahli dari Badan Narkotika Nasional, Carolina Tambunan, M.Si. mempresentasikan definisi, kategori, metode analisis, serta tantangan pengujian New Psychoactive Substance (NPS) termasuk bagaimana laboratorium memperoleh update jenis NPS yang kemungkinan diedarkan.

Selama pelatihan ini diperoleh saran, wawasan, dan solusi untuk peningkatan pengujian sampel kasus obat dan makanan kedepannya sehingga diharapkan kegiatan serupa dapat diselenggarakan tahun depan.

#PPPOMN
#BPOM
#Pelatihan
#KegiatanPPPOMN

-USY-

 



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang tampilan dan konten website Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional?

KONTAK KAMI

  Jalan Percetakan Negara Nomor 23
    Jakarta - 10560 - Indonesia


  +6221 4244691 / 42883309 / 42883462

  +6221 4263333

  +6281 21 9999 533 (SMS)

  ppid@pom.go.id
      halobpom@pom.go.id / pengaduanyanblik@pom.go.id

© 2019 PPPOMN - BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA