Workshop Internal Kelompok Substansi Pengembangan Pengujian Kimia Obat, Bahan Obat, Nappza tahun 2022


Example image

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pengujian obat dan kompetensi personel untuk memperkuat pengawasan mutu obat, Kelompok Substansi Pengembangan Pengujian Kimia Obat, Bahan Obat, Nappza rutin mengadakan kegiatan workshop internal setiap satu tahun sekali terkait teknis pengujian di Laboratorium.

Pada tahun ini, tema pelatihan internal yang diusung adalah Pengujian unsur-unsur logam berat dalam sampel obat dengan metode Spektroskopi Serapan Atom (AAS). Pengujian menggunakan metode Spektroskopi Serapan Atom merupakan salah satu parameter uji yang tercantum dalam pedoman sampling laboratorium Badan POM, dan merupakan suatu uji yang digunakan untuk menghitung kuantitas dari unsur-unsur logam dan metaloid berdasarkan pada penyerapan absorbansi radiasi oleh atom bebas pada fase gas. Pada komoditi obat sendiri pengujian menggunakan metode AAS digunakan untuk mengidentifikasi dan menetapkan kadar logam dalam infus dan uji batas pada sediaan obat luar.

Pelatihan ini diselenggarakan selama lima hari yaitu pada tanggal 28 Maret sampai 1 April 2022. Diikuti oleh seluruh personel Kelompok Substansi Pengembangan Pengujian Kimia Obat, Bahan Obat, Nappza, perwakilan Kelompok Substansi Pengembangan Pengujian  Obat Tradisional, Obat Kuasi, Suplemen Kesehatan, Kosmetik dan Kelompok Substansi Pengembangan Pengujian Pangan Olahan dan Air di PPPOMN. Pelatihan ini terbagi menjadi pemberian materi teknis dasar pengujian AAS dan Instrumentasi AAS serta praktik penetapan kadar logam dalam ringer laktat. Pemberian materi teknis dasar pengujian AAS disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Rohman, SF, Apt., M.Si., salah satu guru besar Fakultas Farmasi di Universitas Gajah Mada (UGM), dan materi instrumentasi serta praktik didampingi oleh Erry Marwandha selaku Service Solution Engineer PT. Maja Bintang.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan setiap personel dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pengujian menggunakan instrumentasi AAS. Peningkatan kompetensi personel juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil pengujian dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) yang berperan sebagai badan regulasi dan pengawasan terkhusus mutu obat.

TA-PPPOMN

 



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang tampilan dan konten website Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional?

KONTAK KAMI

  Jalan Percetakan Negara Nomor 23
    Jakarta - 10560 - Indonesia


  +6221 4244691 / 42883309 / 42883462

  +6221 4263333

  +6281 21 9999 533 (SMS)

  ppid@pom.go.id
      halobpom@pom.go.id / pengaduanyanblik@pom.go.id

© 2019 PPPOMN - BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA