Ketentuan Umum Pengujian

  1. Untuk kebutuhan verifikasi metode analisis yang akan digunakan pada pengujian sampel tersebut, maka jumlah sampel dapat ditambah jika diperlukan, dengan konfirmasi kepada pelanggan.
  2. PPPOMN hanya menerima sampel dalam kemasan asli dan tersegel, dilengkapi identitas yang jelas sekurang-kurangnya meliputi: Nama sampel, No. Batch atau Lot, No. Pendaftaran, Komposisi, Tanggal Kadaluarsa, Produksi Pabrik.
  3. Pengiriman sampel sitotoksik harus dilengkapi dengan MSDS. Apabila sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pengelolaan sampel sitotoksik di laboratorium tidak memadai maka PPPOMN dapat menolak untuk menerima sampel sitotoksik tersebut.
  4. Pengiriman sampel rantai dingin harus sesuai dengan kondisi yang dipersyaratkan. PPPOMN tidak dapat menerima sampel jika kondisi penyimpanan sampel selama distribusi tidak memenuhi persyaratan.
  5. Pelanggan dapat menghubungi contact person yang tercantum dalam halaman subsite untuk mendapatkan informasi mengenai tata cara pengiriman sampel ke PPPOMN.
  6. Bila dianggap perlu maka PPPOMN dapat menolak memberikan layanan pengujian sampel jika terdapat beberapa kendala yang mengganggu pengujian. PPPOM akan memberikan konfirmasi terkait penerimaan pengujian kepada pelanggan. Pelanggan tidak boleh mengirimkan sampel sebelum mendapatkan konfirmasi dari PPPOMN.




Ruang Lingkup Pengujian Lab Obat Terkualifikasi WHO

Laboratorium Obat-Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional telah dikualifikasi oleh WHO untuk pemenuhan ketentuan yang berpedoman pada WHO Good Practices for Pharmaceutical Quality Control Laboratory, WHO TRS 957, Annex 1, 2010. Pengakuan sebagai laboratorium PQ-WHO diperoleh pada tahun 2019 untuk pengujian Obat Anti-Retroviral, Anti-Tuberkulosis serta obat esensial lain.

Pengakuan terhadap laboratorium Obat, Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan (NQCLDF)  tercantum dalam daftar Prequalified Quality Control Laboratory yang dapat di akses pada link (disini)

 

 

Berikut Ruang Lingkup pengujian yang telah terkualifikasi:

Tipe Analisis

Produk

Fisika/Kimia

pH, Kadar Air, Susut Pengeringan, Disolusi, Keseragaman Kandungan dan Keseragaman Sediaan.

Identifikasi

KCKT;

Spectrophotometri,

Uji Dasar (KLT, reaksi warna, reaksi pengendapan)

Penetapan Kadar

KCKT (Detektor UV, PDA, Fluorescence,  Electrokimia); GC;  Spectrophotometer (UV – Vis, AAS and  FTIR), Volumetik, Titrasi Potensiometri, dan Gravimetri.


Jumlah Sampel dan Tarif yang Dibutuhkan Untuk Pengujian Obat

 



POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang tampilan dan konten website Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional?

KONTAK KAMI

  Jalan Percetakan Negara Nomor 23
    Jakarta - 10560 - Indonesia


  +6221 4244691 / 42883309 / 42883462

  +6221 4263333

  +6281 21 9999 533 (SMS)

  ppid@pom.go.id
      halobpom@pom.go.id / pengaduanyanblik@pom.go.id

© 2019 PPPOMN - BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA