Badan POM dan Gubernur DKI Jakarta Blusukan Ke Pasar Perumnas Klender

20-03-2013 Umum Dilihat 1773 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Rabu pagi, 20 Maret 2013 Kepala Badan POM dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengunjungi Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur. Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada pedagang mengenai produk yang aman untuk dikonsumsi. Dalam kegiatan ini disampaikan agar pedagang hanya menjual produk yang aman, dan untuk produk obat, obat tradisional, kosmetik dan pangan olahan harus sudah terdaftar di Badan POM. Jokowi mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Badan POM akan terus mengawasi peredaran produk di pasar tradisional di Jakarta, agar aman dari bahan berbahaya. Sebagai tahap awal, lima pasar di setiap wilayah DKI Jakarta akan menjadi percontohan pasar aman bahan berbahaya.

Kepala Badan POM menambahkan bahwa Badan POM telah dan akan melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan bahan berbahaya secara rutin dan intensif. Hasil pengawasan Badan POM menunjukkan masih adanya penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan. Bahan berbahaya yang sering disalahgunakan tersebut antara lain formalin, boraks, kuning metanil, dan rhodamin B. Jajaran Badan POM di 31 provinsi rutin melakukan sampling dan uji laboratorium terhadap obat dan makanan. Agar pengawasan Badan POM ini lebih optimal, diperlukan peningkatan pengetahuan pedagang dan konsumen melalui sosialisasi tentang bahan berbahaya.

Diharapkan dengan kemandirian komunitas pasar, serta stakeholder terkait dalam pengawasan peredaran bahan berbahaya dan pangan yang berpotensi mengandung bahan berbahaya, dapat mendukung peningkatan perlindungan kesehatan masyarakat melalui penyediaan pangan yang aman, bermutu dan bermanfaat seiring dengan pemberdayaan masyarakat sebagai konsumen untuk mampu dan mau memilih pangan tersebut.

Turun langsung mendampingi Kepala Badan POM pada peninjauan pasar ini adalah Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan, Direktur Pengawasan Produk dan Bahan Berbahaya serta Kepala Balai Besar POM di Jakarta. Sat peninjauan ini, masyakarat umum yang menjadi konsumen pasar Klender mendapat kesempatan untuk menguji bahan makanan yang mereka beli di mobil laboratorium keliling milik Balai Besar POM di Jakarta tersedia. Beberapa bahan makanan yang diuji diantaranya tahu putih dan kerupuk berwarna merah positif mengandung formalin dan rhodamin B. Masyarakat berharap agar mobil keliling Badan POM ini dapat secara rutin mendatangi pasar-pasar tradisional di Jakarta. Dengan demikian mereka dapat mengetahui produk mana yang mengandung bahan berbahaya. (HM-04)

Biro Hukmas

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana