Badan POM Sahabat Ibu: "Pastikan Pangan yang Aman"

15-08-2012 Umum Dilihat 1535 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

“Perhatikan dengan baik tanggal kedaluwarsa ketika Ibu membeli suatu produk. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan mutu produk”, demikian disampaikan DR. Ir. Roy A. Sparringa, M.App.Sc, Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, di hadapan Ibu-ibu Dharma Wanita Pusat Kementerian Kesehatan yang menjadi peserta dalam kegiatan Talkshow Badan POM Sahabat Ibu.

Talkshow Badan Sahabat Ibu yang kelima ini diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus 2012 di Aula Gedung C Badan POM. Waspada Pangan Kedaluwarsa dan Amankan Pangan Keluarga menjadi topik yang dibahas Roy A. Sparringa sebagai narasumber. Beliau menjelaskan bahwa tanggal kedaluwarsa adalah t anggal (waktu) dimana sampai tanggal (waktu) tersebut produk masih memberikan daya guna seperti yang diharapkan (jika produk tsb disimpan pada kondisi penyimpanan yang umum/sesuai) .

Setelah mendapatkan paparan dari Roy S. Sparringa, ibu-ibu peserta talkshow diajak untuk meninjau ruang Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal yang saat ini menjadi tempat penyimpanan barang bukti hasil pengawasan Badan POM selama dua bulan terakhir ini. Ibu-ibu tampak antusias melihat dan memperhatikan display produk-produk obat dan makanan yang ilegal dan tidak memenuhi syarat. Beragam pertanyaan muncul. Kepala Biro Hukum dan Humas dan Kepala Balai Besar POM di Jakarta yang hadir mendampingi peserta, dengan lugas memberikan penjelasan. Selain meninjau ruang satgas, Ibu-ibu peserta pun diajak melihat mobil laboratorium keliling Balai Besar POM di Jakarta, dimana petugas memberikan penjelasan mengenai rapid test kit yang dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan bahan berbahaya dalam suatu produk secara cepat.

Semoga materi dan pembelajaran yang diperoleh Ibu-ibu Dharma Wanita Pusat Kemenkes hari ini memberikan bekal sehingga pengawasan keamanan pangan di tingkat rumah tangga dapat terwujud.

 

Biro Hukmas

 

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana