Berita MESO Volume 26, No. 2,November 2008 Badan POM

02-12-2008 Umum Dilihat 2396 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Pada edisi Buletin Berita MESO kali ini, sedikit berbeda dengan edisiedisi sebelumnya, dimana kami mencoba untuk lebih menghidupkan lay out penampilannya dengan harapan lebih menarik bagi Sejawat sekalian untuk membacanya.

Seperti biasa kami berusaha untuk dapat menyajikan informasi aspek keamanan terkini terkait beberapa obat yang menjadi perhatian akhir-akhir ini. Dimulai dengan informasi Labeling Update untuk obat yang mengandung Zolpidem terkait pencantuman Boxed Warning berisi informasi risiko efek samping Sleep Related Behaviors, dilanjutkan dengan informasi terkait risiko Progressive Multifocal Leukoencephalopathy (PML) pada penggunaan obat yang mengandung Mycophenolate Mofetil.

Selanjutnya kami ketengahkan informasi aspek keamanan terkini tentang risiko efek samping rhabdomyolysis yang disebabkan oleh penggunaan bersama antara Simvastatin dan Amiodarone. Di samping itu juga, kami sampaikan infromasi terkait Vitamin B6 yang berisiko menyebabkan peripheral neuropathy.

Sampai saat ini Badan POM RI belum menerima laporan kasus efek samping sebagaimana tersebut di atas yang terjadi di Indonesia, namun kami menerima beberapa laporan kasus di luar negeri terkait hal ini. Meskipun demikian bukan berarti bahwa kasus efek samping tersebut tidak terjadi di Indonesia, mungkin belum terlaporkan atau tidak dilaporkan atau under reporting.

Sebagai penutup Edisi kali ini, sekilas kami sampaikan program pharmacovigilance oleh Badan POM RI untuk menumbuhkan reporting culture di antara teman Sejawat sekalian. Sejawat dapat memanfaatkan formulir pelaporan efek samping (form kuning) yang tersedia untuk berpartisipasi aktif melaporkan kejadian efek samping yang mungkin ditemui dalam praktek klinik sehari-hari kepada kami di Badan POM RI, sebagai Pusat MESO Nasional.

Demikian kami sampaikan Buletin Berita MESO edisi November 2008 ini, semoga bermanfaat bagi Sejawat sekalian. Partisipasi aktif teman Sejawat dalam melaporkan efek samping akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan jaminan keamanan obat yang beredar di Indonesia.

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana