Bimbingan teknis Balai Besar POM Jayapura

11-03-2009 Umum Dilihat 2084 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Sistem Informasi Badan POM senantiasa diperkuat sebagai dukungan antara lain terhadap pengawasan pada Entry Barrier yang luas, pengawasan terkoordinir dalam rentang geografis Indonesia. Tuntutan informasi mutlak diperlukan karena tuntutan dari Globalisasi Ekonomi baik AFTA, WTO, ASEAN Harmonization, INSW, ASW, dsb. Hal lain yang tidak kalah penting adalah Era baru pada sisi pemerintah dengan pemberlakuan E-Government dan Information Exchange(Connected Government). Masyarakat sudah sewajarnya mengetahui informasi yang tepat, cepat dan akurat antara lain karena adanya era baru perdagangan secara Online.

Salah satu butir Grand Strategy Badan POM yang tertuang dalam Keputusan Ka BPOM No. HK.00.05.21.1732 Tahun 2008 adalah Berfungsinya sistem teknologi informasi yang terintegrasi secara online dan up-to-date dalam pengawasan Obat dan Makanan. SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI mencakup System Informasi Pengawasan Pre & Post Market, baik integrasi sistem informasi antara unit-unit kerja (cross-function) di Badan POM dan integrasi sistem informasi antara Unit Pelaksana Teknis (Balai Besar/Balai POM: cross-area). Integrasi Sistem dapat menghasilkan Satu Pintu pelayanan informasi, penyebarluasan informasi serta penyediaan data dan informasi. Kecepatan, efektifitas dan efisiensi untuk dukungan terhadap pengambilan keputusan mutlak diperlukan system informasi yang terpadu.

Sistem Informasi Terintegrasi dalam lingkup hasil pemeriksaan, pengujian dan pemantauan iklan yang link dengan data registrasi produk merupakan bagian dari aplikasi Sistem Informasi Eksekutif (SIE) Badan POM. Saat ini dikembangkan SIE versi 2.0 dan telah digunakan oleh Unit kerja Badan POM dan BB/BPOM seluruh Indonesia. Pada tanggal 4-5 Maret 2009, Pusat Informasi Obat dan Makanan melakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) Teknologi Informasi aplikasi SIE v. 2. di Jaya pura. Setelah Bimtek dilakukan bedah system informasi BBPOM Jayapura, mengatasi kendala operasional system elektronik dan managing struktur dbase.

Bimtek TI dibuka oleh Pgs. Ka BBPOM Jayapura, Kabid Serlik Dra. Betty Purwantiningsih diikuti dengan sangat antusias oleh 50 orang peserta yaitu para Kabid, para seksi dan pejabat fungsional umum BBPOM Jayapura. Dilanjutkan dengan presentasi Sistem informasi Terintegrasi yang dimiliki oleh Badan POM oleh Kabid TI, Dra. Rita Endang, MKes. Pemantapan aplikasi SIE dan ujicoba aplikasi dibimbing oleh Kasubbid Aplikasi, Irhama Hayati, SSi, MTI.

Program Bimtek TI PIOM pada tahun 2009 akan dilakukan ke beberapa BB/BPOM di seluruh Indonesia utamanya bagi unit pelaksana teknis yang sangat memerlukan perkuatan teknologi informasi.

Tanggung jawab berita: Bidang TI - PIOM

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana