BKKBN Studi Banding Praktik Terbaik RB General dan RB Tematik BPOM

22-02-2024 Umum Dilihat 422 kali Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Jakarta - BPOM menerima kunjungan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Rabu (21/02/2024) dalam rangka studi banding praktik terbaik (best practices) Reformasi Birokrasi (RB) General dan RB Tematik. BKKBN diwakili oleh Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Tata Laksana, Puji Prihatiningsih serta Tim RB BKKBN. Kehadiran tim BKKBN diterima oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Biro Hukum dan Organisasi, Kurniawan Norat, yang sekaligus membuka kegiatan.

Studi banding difokuskan pada diskusi terkait pengelolaan RB General dan RB Tematik serta strategi peningkatan Indeks RB yang dipaparkan oleh Analis Kebijakan Ahli Pertama Biro Hukum dan Organisasi, Arham Sukardi. Studi banding ini bermanfaat bagi peningkatan reputasi BPOM sebagai praktik terbaik pengelolaan RB oleh kementerian/lembaga dan masyarakat. Hal ini juga menunjukkan kolaborasi BPOM dengan kementerian/lembaga dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan.

Indeks RB BPOM terus menunjukkan tren peningkatan. Sejak tahun 2019, BPOM telah mendapatkan kategori “A” atau predikat “Sangat Baik”. BPOM melakukan peningkatan kualitas RB secara berkelanjutan hingga mengalami kenaikan Indeks RB dengan nilai indeks di tahun 2023 sebesar 89,12 (predikat “Memuaskan”). Dengan komitmen implementasi RB oleh seluruh jajaran BPOM, maka Indeks RB BPOM setiap tahunnya lebih tinggi dari rata-rata K/L. 

“Penguatan strategi keberhasilan peningkatan RB General BPOM dilakukan melalui sinkronisasi antara indikator kegiatan utama RB General dalam Road Map RB BPOM tahun 2020-2024 dengan indikator kinerja dalam Rencana Strategis BPOM tahun 2020-2024,” ujar Kurniawan. Selain itu, BPOM juga telah mengimplementasikan dan berkontribusi pada lima RB Tematik, meliputi (1) Peningkatan penggunaan produk dalam negeri (PDN); (2) Digitalisasi administrasi pemerintahan (penanganan stunting); (3) peningkatan investasi; (4) Pengentasan kemiskinan; dan (5) Pengendalian inflasi.

Pada akhir kegiatan, Puji Prihatiningsih menyampaikan apresiasi kepada BPOM yang telah memfasilitasi kunjungan BKKBN kali ini. “Kunjungan ini memberikan insight baru bagi kami dalam mengimplementasikan pengelolaan RB di BKKBN dalam peningkatan Indeks RB tahun berikutnya,” pungkasnya. (AS/HM-Rasyad)

Biro Hukum dan Organisasi/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Berita Terkait

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana