BPOM Raih Penghargaan Germas Award dari Presiden RI

14-11-2023 Kerjasama dan Humas Dilihat 2220 kali Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Jakarta- BPOM RI meraih penghargaan Terbaik Ketiga Germas Award tahun 2023 dari Presiden RI, Joko Widodo. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas kepada Plt. Kepala BPOM, Lucia Rizka Andalusia di Auditorium Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta (14/11/2023). Penyerahan penghargaan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, dan Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo.

Germas Award tahun 2023 ini juga diberikan kepada 5 kementerian dan lembaga antara lain, Kementerian Kelautan dan Perikanan (terbaik pertama), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (terbaik kedua), Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (terbaik ketiga), Kementerian Perhubungan (terbaik keempat), dan Badan Keamanan Laut (terbaik kelima). Menko PMK menyebutkan bahwa Germas Award dari Presiden ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kementerian dan lembaga terbaik dalam melaksanakan pembudayaan gerakan hidup sehat.

“Ini penghargaan dari Presiden sebagai bentuk apresiasi kepada Kementerian dan Lembaga yang melaksanakan Germas”,  ucap Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya.

Menurutnya tujuan dilaksanakan program Germas Award ini untuk meningkatkan komitmen dan kepedulian kementerian dan lembaga. Program ini juga mengoptimalisasi keterlibatan sektor non-pemerintah dalam mengampanyekan dan mendorong kesadaran masyarakat untuk hidup sehat.

“Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat sesuai Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Germas”, lanjutnya. “Kalau sehat, enggak usah ke rumah sakit, kalau enggak ke rumah sakit enggak perlu biaya pengobatan”, harapnya.

Sebagai bentuk komitmen, BPOM telah mencanangkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman atau sering disebut Germas SAPA sejak 23 November 2017. Gerakan ini merupakan salah satu program prioritas nasional yang dikoordinasikan oleh BPOM melalui beberapa program antara lain, program Desa Pangan Aman, Pasar Aman Bebas dari Bahan Berbahaya, serta Pangan Jajanan Anak Sekolah. Germas SAPA diharapkan menjadi “icon” kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pelaku usaha untuk meningkatkan kesadaran dan implementasi praktik-praktik keamanan pangan yang baik di masyarakat dan pelaku usaha. (HM-Benny)

 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

 

Berita Terkait

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana