DEKLARASI INSTITUT MATERI MEDIKA INDONESIA (IMMI)

29-12-2005 Umum Dilihat 2630 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum
Pada hari ini, tanggal 28 Desember 2005, telah dideklarasikan Institut Materi Medika Indonesia (IMMI). Lembaga ini merupakan lembaga non-Pemerintah yang bersifat independen bertujuan untuk memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan obat asli / obat bahan alam Indonesia.
Pembentukan lembaga diprakarsai oleh para pakar dan pemerhati di bidang pengembangan obat asli / obat bahan alam Indonesia dan difasilitasi oleh Badan POM.
Deklarasi pembentukan lembaga ini ditanda-tangani oleh 41 orang pakar yang berasal dari Universitas, Industri, Departemen Pertanian, Departemen Kesehatan dan Badan POM
Sebelum deklarasi ini ditandatangani, dalam forum yang sama, dilakukan presentasi hasil uji klinik tanaman obat untuk Demam Berdarah Dengue dan Penurun Kolesterol.
Prof. DR. Soegeng Soegijanto, SpA(K), telah membuktikan bahwa pada uji klinik awal terhadap 44 orang anak di bangsal penyakit tropik dan infeksi Lab/SMF Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Sutomo Surabaya, menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dalam bentuk sirup dapat mempercepat pencapaian jumlah trombosit lebih dari 100.000/mikroliter pada pasien anak DBD grade I dan II, berbeda signifikan/bermakna secara statistik terhadap kelompok kontrol yang tidak menerima sirop ekstrak daun jambu biji.
Prof. DR. Suwijiyo Pramono, DEA, menunjukkan bahwa sediaan kapsul ekstrak rimpang temulawak terpurifikasi dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar 18,25% dan kadar LDL kolesterol sebesar 25,98%. Tidak dilaporkan efek samping yang berarti pada penggunaan kapsul ekstrak rimpang temulawak terpurifikasi pada dosis yang terbukti bermanfaat.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian perlu dilanjutkan dengan uji klinik multisenter pada tahun 2006 untuk memperbesar jumlah peserta uji klinik yang akan melibatkan rumah sakit : RSCM Jakarta, RSHS Bandung, RS Sardjito Jogjakarta dan RS Dr.Sutomo Surabaya.

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana