Klinik Konsumen Obat dan Makanan Badan POM RI Merambah Stasiun Kota Jakarta

24-05-2013 Umum Dilihat 1847 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM sebagai wadah komunikasi dua arah antara masyarakat dengan Badan POM terus-menerus melakukan pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi, informasi dan edukasi sehingga masyarakat dapat melindungi diri sendiri dari produk obat dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan.

Selama periode Tahun 2013 ini, ULPK Badan POM telah beberapa kali melakukan Klinik Konsumen Obat dan Makanan seperti di Stasiun Gambir (20 April 2013), Terminal I Bandara Soekarno Hatta (20 April 2013), serta Balai Kartini (30 April 2013) yang terkemas dalam rangkaian peringatan Hari Konsumen Nasional.

Dalam upaya memperluas cakupan layanan informasi/pengaduan konsumen ke seluruh lapisan masyarakat, Klinik Konsumen Obat dan Makanan juga merambah Stasiun Kota Jakarta pada tanggal 22 Mei 2013 yang lalu. Kegiatan yang bertema “Waspada Obat dan Makanan Ilegal Bersama ULPK, Satu Tindakan Untuk Semua” ini diisi dengan Talk Show dan Diskusi Interaktif mengenai “Waspada Obat dan Makanan Ilegal”; penjelasan mengenai website Badan POM dan fungsinya; penayangan foto produk obat dan makanan yang mengandung bahan berbahaya; serta hiburan dan games interaktif juga penyebarluasan brosur dan leaflet tentang ULPK serta Obat dan Makanan.

Pada sesi tanya jawab masyarakat yang hadir yang terdiri atas petugas stasiun serta pengguna jasa kereta api sangat antusias menanyakan keamanan produk jamu penambah stamina dan pelangsing serta kosmetik pemutih. Kepada para pengguna jasa kereta api tersebut diberikan tips untuk memilih produk obat dan makanan yang aman, yaitu dengan memeriksa label yang terdapat dalam produk obat dan makanan, juga diberikan cara bagaimana mencari produk terdaftar dan melihat Press ReleasePeringatan Publik Badan POM melalui website Badan POM, www.pom.go.id.

Melalui Klinik Konsumen Obat dan Makanan ini diharapkan dapat terbentuk komunitas – komunitas yang peduli terhadap kesehatan.

Unit Layanan Pengaduan Konsumen


Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana