Kunjungan DRPD Kabupaten Tanah Bumbu

31-07-2013 Umum Dilihat 1945 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Maraknya peredaran narkotika dan penyalahgunaan obat di kalangan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu – Kalimantan Selatan, menggerakkan keinginan pimpinan dan jajaran DPRD Kabupaten Tanah Bumbu untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD terkait Pengawasan Penggunaan Obat Daftar G, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya. Untuk lebih mendapatkan informasi dan pengetahuan terkait peredaran obat, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, datang berkunjung ke Badan POM pada Selasa 30 Juli 2013.

Deputi Bidang Pengawasan Produk Terapetik dan NAPZA, didampingi oleh Kepala Biro Hukum dan Humas, serta Direktur Pengawasan NAPZA, menerima rombongan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu yang berjumlah 12 orang. Setelah pembukaan dan perkenalan, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu selaku pimpinan rombongan, H. Burhanuddin, S.Sos, M.Pd menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas penerimaan Badan POM. Disampaikan bahwa kunjungan ini dilaksanakan terkait keinginan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu untuk menyusun Raperda Inisiatif agar koordinasi dengan pihak Kepolisian terkait pelanggaran di bidang obat dapat berjalan lebih baik. Informasi dan konsultasi dengan Badan POM mengenai pengawasan peredaran obat diperlukan agar raperda ini tidak berbenturan dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Selanjutnya, Kepala Biro Hukum dan Humas, Budi Djanu Purwanto, SH., MH., memaparkan informasi tentang Badan POM, antara lain mengenai latar belakang pembentukan Badan POM, dasar hukum pengawasan di bidang obat dan makanan, serta tugas pokok dan fungsi Badan POM. Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, dibahas mengenai bagaimana menangani permasalahan penyalahgunaan obat di masyarakat, cara mengontrol penjualan obat, dan tindak lanjut terhadap pelanggaran di bidang obat. DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan terima kasih atas informasi yang disampaikan Badan POM. Hasil kunjungan akan dijadikan bahan masukan dalam penyusunan Raperda Inisiatif.

Biro Hukmas

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana