Kunjungan Kepala Badan POM RI di SD Johar Baru 01 Pagi

11-10-2011 Umum Dilihat 1836 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Hati-hati dan cermatlah dalam memilih jajanan yang dijual di sekolah atau sekitarnya supaya terhindar bahan berbahaya dan kuman, juga jangan lupa selalu cuci tangan sebelum makan ya !!!” Itulah pesan dari Ibu Kepala Badan POM RI kepada para siswa SD Johar Baru 01 Pagi saat mengunjungi SD tersebut.

PJAS yang aman, bermutu dan bergizi menjadi konsentrasi Badan POM RI dalam menyukseskan Gerakan Nasional PJAS 2011. Untuk itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan bekerjasama dengan CSR mengadakan sosialisasi PJAS 2011 di SD Johar Baru 01 pada tanggal 10 Oktober 2011. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi mengenai keamanan pangan sejak dini kepada para siswa-siswi 4-6 SD. Acara ini selain dihadiri oleh Kepala Badan POM RI, Ibu Dra. Kustantinah, Apt, MappSc; juga oleh Kepala Balai POM DKI Dra. Sri Rahayu, Apt.; Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan, Drs. Ratmono, MP; Kepala Biro Hukmas, Hendri Siswadi, SH, dan staf di lingkungan Badan POM, serta wakil dari CSR.

Acara sosialisasi PJAS ini dibagi menjadi 3 kelas. Kelas pertama adalah Koki Cilik, 3 siswa SD mempraktekan cara mengolah sandwich yang aman. Siswa diajarkan bagaimana tahapan membuat makanan yang aman untuk dikonsumsi. Hasil kreasi sandwich mereka diberikan kepada ibu Kepala Badan POM RI dan ibu Kepala Balai Besar POM DKI Jakarta. Pada kelas Praktek Cuci Tangan yang Baik, dilakukan oleh 3 siswa SD mempraktekkan 5 langkah mencuci tangan yang baik. Ibu Kepala Badan POM juga menyampaikan pesan keamanan pangan mengenai cara mengolah pangan yang aman dan mengingatkan siswa jangan lupa mencuci tangan sebelum makan atau mengolah pangan. Pementasan Panggung Boneka POMPI, oleh para siswa SD dengan mengambil tema Memilih Jajanan yang Aman.

Ibu Kepala Badan POM RI juga berinteraksi dengan penjual pangan di kantin tersebut. “Ibu, apakah jus buah ini dibuat sendiri oleh Ibu ?” Pertanyaan Ibu Kepala Badan POM RI, Dra. Kustantinah, Apt, M.AppSc. kepada penjual jus buah di kantin sekolah .Penjual kantin seklah menjelaskan bahwa semua jus yang ada di kantin tersebut dibuat sendiri dengan bahan-bahan bahan air matang, buah-buahan, gula.

Balai POM DKI Jakarta dengan mobling ikut serta pada acara ini dan melakukan sampling terhadap 20 jenis pangan jajanan di kantin sekolah SD Johar Baru 01 Pagi. Hasil sampling pangan jajanan yang dijual di kantin sekolah semua negatif.

“Kami sangat senang dan berterimakasih sekali dengan kunjungan Ibu dan sekolah kami terbuka atas masukan dan saran mengenai pangan jajanan supaya para siswa terhindar dari pangan yang berisiko terhadap kesehatan “ Itulah sambutan dari Kepala Sekolah SD Johar Baru 01 Pagi saat mengakhiri kunjungan dari Ibu Kepala Badan POM".

 

Direktorat Surveilan Keamanan Pangan

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana