Kunjungan Wamendag ke Badan POM

20-07-2012 Umum Dilihat 1625 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Biarpun Kecil Tapi Bisa Memberikan Pengaruh. Merupakan harapan Badan POM dengan peluncuran dua program new initiatives terkait program p eningkatan k esiapan Usaha Mikro Kecil danMenengah (UMKM) ObatTradisional, KosmetikadanPangandalammenghadapiHarmonisasi ASEAN serta program nasional penanggulangan penyalahgunaan obat, bahan obat dan bahan berbahaya lain. Kedua program new initiatives tersebut terkait erat dengan program Kementerian Perdagangan.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen – Kementerian Perdagangan Nur Nuzulia Ishak, Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama Dan Informasi Perkarantinaan Catur Putra Budiman dan beberapa pejabat Kementerian Perdagangan lainnya melakukan kunjungan ke Badan POM pada Jumat 22 Juni 2012.

Di hadapan Kepala Badan POM, Sekretaris Utama, Deputi III dan jajaran eselon II Badan POM, Wamendag menyampaikan bahwa kunjungannya pada kesempatan kali ini adalah untuk melakukan pembahasan dengan Badan POM terkait peraturan mengenai label dan pengawasan barang beredar. Sesuai pesan Presiden, kementerian/lembaga negara harus melakukan perkuatan pasar domestik yang mencapai 70% dari pasar Indonesia. Artinya kita harus mengoptimalkan pasar domestik dengan produk dalam negeri. Selain itu, kementerian/lembaga negara juga diminta memiliki pemahaman yang baik terhadap peningkatan tuntutan konsumen dalam negeri. Hal ini dimaksudkan agar konsumen lebih memilih produk produksi dalam negeri daripada produk asing.

Semangat pengawasan produk di peredaran dilandasi oleh keinginan untuk melindungi konsumen dan menciptakan perdagangan yang adil serta anti monopoli

Kepala Badan POM menambahkan, bahwa pengawasan obat dan makanan di peredaran tidak bisa dilakukan sendiri oleh Badan POM. Diperlukan kemitraan dengan berbagai lini agar produk Indonesia memenuhi syarat dan memiliki nilai jual yang tinggi

Selain membahas mengenai label dan pengawasan barang beredar, Dirjen Standarisasi dan Perlindungan Konsumen juga berkesempatan melakukan kunjungan ke gedung pelayanan publik Badan POM dan laboratorium Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional. Dari hasil kunjungan ini, diharapkan keinginan Badan POM dapat bersinergi dengan kementerian dan komponen bangsa lainnya sehingga Indonesia mampu berperan dan mempunyai posisi yang bisa diperhitungkan serta dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dapat terwujud.

 

Biro Hukmas

 

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana