Launching Drug Information Centre (Pusat Informasi Obat Nasional)

11-06-2005 Umum Dilihat 9109 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum
Pada Tanggal 6 Juni 2005, Kepala Badan Telah Launching Drug Information Centre (Pusat Informasi Obat Nasional)guna Terwujudnya informasi dan konsultasi obat yang objektif, lengkap dan terkini, dalam menunjang penggunaan obat yang bermutu yang efektif dan aman dalam melindungi kesehatan masyarakat dari risiko penggunaan obat yang tidak tepat.
Apakah PIO Nas ?
PIO Nas Badan POM menyediakan akses informasi standar (Approval labelling) dari semua obat yang beredar di Indonesia yang telah disetujui oleh Badan POM sebagai NRA (National Regulatory Authority) atas rekomendasi Komite Nasional Penilai Obat Jadi yang terdiri dari para pakar di bidangnya dengan pendekatan ilmiah dan independensi yang tinggi. Juga akses terhadap Approval labelling dari NRA negara-negara di dunia yang memiliki sistem evaluasi yang dikenal baik.

Siapa saja dapat menghubungi PIO Nas ?
PIO Nas melayani masyarakat umum, lembaga konsumen, mahasiswa, apoteker, dokter, dokter gigi, perawat dan tenaga kesehatan lainnya, lembaga pendidian, pusat penelitian, serta pusat informasi obat yang ada.

Apa saja fasilitas dari PIO Nas ?
PIO Nas dikelola oleh tenaga professional kesehatan dan didukung oleh penasehat ahli yang memberi pertimbangan dan rekomendasi hasil kajian sesuai dengan bidang keahliannya. PIO Nas membentuk jejaring kerja dengan pusat informasi obat baik di rumah sakit pendidikan dan universitas baik di dalam negeri maupun luar negeri agar dapat memperluas dan memperkuat layanan informasinya.
PIO Nas juga dilengkapi dengan perpustakaan Badan POM yang memiliki koleksi pustaka acuan yang diperlukan untuk kegiatan layanan informasi obat dan konsultasi obat, berupa buku referensi, jurnal dan database internasional, yang selalu dijaga keterkiniannya. Perpustakaan Badan POM telah membentuk jejaring dengan PDII – LIPI.

Apa saja layanan PIO Nas ?
PIO Nas memberikan layanan informasi dan konsultasi obat dalam hal informasi penggunaan terapetik, kontra indikasi, peringatan, efek samping, dosis, cara pemakaian, penyimpanan, farmakokinetik dan lain-lain. PIO Nas mengembangkan website, membuat leaflet dan buletin, menyusun pedoman dan modul, memberikan pelatihan dan membangun sistem informasi pelayanan informasi obat.

Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas) Badan POM
JL. Percetakan Negara 23 Jakarta Pusat
Telepon : 021 – 4259945 Fax : 021 – 42889117
e-mail : informasi@pom.go.id; Website : www.pom.go.id

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana