Operasi Pangea VI tahun 2013

28-06-2013 Umum Dilihat 2244 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

MARI BERSAMA BERANTAS OBAT DAN MAKANAN ILEGAL!

Lebih dari lima milyar rupiah produk obat dan makanan (obat, obat tradisional, suplemen makanan, kosmetika dan pangan olahan) ilegal berhasil disita Satuan Tugas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal pada Operasi Pangea VI di Indonesia yang dilaksanakan pada 18-25 Juni 2013. Tepatnya 721 item (292.535 kemasan) produk ilegal ditemukan di 20 sarana di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Batam.

Melalui mekanisme operasional yang terstruktur, Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal berhasil mengidentifikasi 129 situs website yang menawarkan dan memasarkan obat dan makanan ilegal secara online. Hasil temuan Operasi Pangea VI ini akan dilaporkan kepada International Criminal Police Organization (ICPO)-Interpol yang menjadi koordinator Operasi Pangea di seluruh dunia.

Jika dibandingkan dengan Operasi Pangea IV 2011 dan Operasi Pangea V p 2012, hasil Operasi Pangea VI tahun 2013 ini mengalami peningkatan yang signifikan baik jumlah situs yang teridentifikasi memasarkan obat dan makanan ilegal maupun luas wilayah operasi, serta jumlah dan nilai temuan operasi.

Kepala Badan POM, pada saat konferensi pers penyampaian hasil Operasi Pangea VI di Jakarta 28 Juni 2013, mengemukakan bahwa upaya pemberantasan obat dan makanan ilegal terus dilakukan Badan POM melalui 3 pilar. Pilar yang pertama adalah penapisan dan pantauan Obat dan Makanan sebelum beredar, pilar kedua merupakan pengawasan secara intensif sesudah Obat dan Makanan beredar dan penanggulangan dari aspek hukum melalui kerjasama lintas sektor serta pilar terakhir berupa pemberdayaan masyarakat. Namun, Upaya Badan POM ini akan menjadi sia-sia tanpa komitmen dan kerja sama dengan berbagai lintas sektor terkait termasuk masyarakat. Mengingat bahwa kegiatan peredaran obat dan makanan ilegal termasuk palsu merupakan kegiatan terorganisir, maka upaya pemberantasan peredaran produk ilegal tersebut dapat berjalan optimal apabila mendapat dukungan dan peran aktif dari semua pihak. (HM-05).

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana