Pelantikan Pejabat Tunjukkan Tumbuhnya Potensi Kepemimpinan di Lingkungan BPOM

22-09-2023 Umum Dilihat 1011 kali Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Jakarta - “Alhamdulillah, hari ini kita melaksanakan pelantikan pimpinan unit kerja dan pengambilan sumpah jabatan kepada 17 pejabat struktural dan 29 pejabat fungsional di lingkungan BPOM. Mereka yang akan menjadi penggerak BPOM ke depan. Saya bangga dan menaruh harapan kepada pimpinan baru. Hal ini menunjukkan kaderisasi berjalan, tumbuhnya potensi pimpinan di lingkungan BPOM.” Demikian disampaikan Kepala BPOM, Penny K. Lukito, dalam sambutannya pada Pelantikan Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional di lingkungan BPOM di Gedung Bhinneka Tunggal Ika BPOM, Jumat (22/09/2023). 

Lebih lanjut Kepala BPOM menyampaikan bahwa ini adalah kesempatan bagi pimpinan muda untuk belajar mengembangkan diri, kesempatan pertama untuk melatih aspek kepemimpinan dan manajemen. “Saya mengingatkan kembali komitmen awal saat menjadi ASN di BPOM, di mana tugas dan fungsi kita ada di setiap titik pelosok dari negeri Indonesia. Harus bersedia ditempatkan di mana saja. Dan siap diputar ke tempat yang lain,” ungkapnya. “Penempatan di posisi yang sulit dan penuh tantangan di wilayah kerja, merupakan kesempatan untuk belajar hal yang baru, akan memperkuat dan memperkaya pengalaman,” tambahnya. 

Selain menyampaikan tentang pembinaan dan pola karier pegawai negeri sipil (PNS) di BPOM, Penny K. Lukito juga memaparkan tentang peningkatan klasifikasi unit pelaksana teknis (UPT) BPOM. Berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 18 Tahun 2023 tentang Kriteria Klasifikasi Unit Pelaksana Teknis pada Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Peraturan BPOM Nomor 19 Tahun 2023 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis pada Badan Pengawas Obat dan Makanan, terdapat peningkatan kelas 8 Loka POM menjadi 8 Balai POM dan pembentukan 3 Loka POM baru. Peningkatan kelas UPT ini akan memperluas cakupan BPOM dalam melayani dan melindungi masyarakat. 

Beberapa pejabat struktural yang dilantik antara lain Inspektur I, Kepala Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan, Direktur Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik, Kepala Balai Besar POM (BBPOM) di Bandar Lampung, serta Kepala BBPOM di Yogyakarta. Selain itu, Kepala BPOM juga melantik jabatan fungsional antara lain Pengawas Farmasi dan Makanan, Perencana, Analis Kebijakan, Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Analis Hukum, Analis SDM Aparatur, dan Pranata Keuangan APBN.

Menutup sambutannya, Kepala BPOM mengimbau pejabat yang dilantik untuk berpikir besar dalam langkah-langkah pelaksanaan tugasnya. “Terus berinovasi, mencari hal-hal yang strategis dan kreatif serta selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dan bangsa. BPOM ke depan akan semakin kuat dan kredibel dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat.” tegasnya. (HM-Nelly)

 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

 

Berita Terkait

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana