Penerbitan Buletin MESO Vol. 25 No. 2 Edisi November 2007

08-01-1978 Umum Dilihat 3654 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Berita MESO edisi ini hadir dengan menyajikan informasi regulatori yang perlu sejawat simak yaitu mengenai pembatalan izin edar dan penarikan dari peredaran produk yang mengandung Clobutinol HCl (Silomat Compositum dan Silomat Elixir). Keputusan ini diambil karena adanya informasi terkini terkait keamanan penggunaan obat ini pada kardiovaskular. Hasil uji pre-klinik dan uji klinik kembali produk yang sudah lama beredar ini, menunjukkan bahwa Clobutinol HCl mempunyai potensi efek samping perpanjangan interval QT (QT Prolongation) yang dapat memicu Torsade de pointes. Walaupun belum ada laporan efek samping tersebut oleh Pusat MESO Nasional, namun keputusan ini merupakan bagian dari keputusan global dan produsen yang bersangkutan telah mengembalikan ijin edar produk tersebut kepada Badan POM.

Informasi lain yang juga perlu sejawat ketahui adalah informasi aspek keamanan beberapa obat yang mengemuka belakangan ini, antara lain tentang rosiglitazone terkait efek samping pada kardivaskular; metoklopramid terkait peningkatan laporan gejala ekstrapiramidal pada anak-anak, sehingga perlu diwaspadai penggunaan obat ini pada anak-anak.

Pada bagian ’Labelling Update’ edisi kali ini, menyajikan informasi tentang interaksi obat antara ceftriaxone dan obat yang mengandung calcium, dimana terdapat beberapa laporan efek samping fatal terkait hal tersebut. Oleh karena itu, kiranya informasi ini jangan sampai sejawat lewatkan.

Pada bagian akhir, disajikan 2 (dua) kasus laporan efek samping obat yang diterima oleh Pusat MESO Nasional pada tahun 2007, untuk menjadi perhatian juga bagi teman sejawat sekalian.

Kritik dan saran dari sejawat sangat bermanfaat bagi pengembangan program MESO dan dalam rangka melindungi kesehatan masyarakat Indonesia.

Informasi lebih detil dapat langsung di download di link yang tersedia di bawah



Editorial, Halaman Depan Berita MESO (14 Kb)
Berita MESO Vol. 25 No. 2 Edisi November 2007 (28 Kb)
Berita MESO Vol. 25 No. 2 Edisi November 2007 - Lanjutan (11 Kb)

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana