Peningkatan SDM Teknologi Informasi dalam Mendukung SIPT Modul Sampling dan Pengujian

29-08-2013 Umum Dilihat 2487 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Jakarta, 25 – 29 Agustus 2013 bertempat disalah satu hotel di Jakarta, Pusat Informasi Obat dan Makanan dalam hal ini Bidang Teknologi dan Informasi mengadakan Workshop SIPT Modul Sampling dan Pengujian. Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si membuka acara workshop tersebut sekaligus menyampaikan paparannya mengenai Aplikasi Pengawasan Pre dan Post Market Badan POM dalam mendukung Sistem Informasi Manajemen Badan POM yang handal.

Pada acara workshop dihadiri oleh Staf Bidang Pengujian dari 31 Balai Besar dan Balai POM serta perwakilan dari Direktorat Pengawas dan Direktorat Penilaian Badan POM, Materi pada workshop kali ini menitik beratkan pada Modul Sampling dan Pengujian. Turut hadir Kepala Balai Besar POM di Padang Drs. H. Indra Ginting, Apt., MM yang juga menyampaikan presentasi mengenai Pemanfaatan SIPT Modul Offline di Balai Besar POM di Padang. Selanjutnya Direktur Pengawasan Distribusi PT dan PKRT Dra. Ratna Irawati, Apt., M.Kes memaparkan presentasinya mengenai pengembangan Aplikasi SIPT untuk Modul Pengawasan Promosi/Iklan dan Pengawasan Penandaan Obat. Selanjutnya Kepala Bidang Teknologi Informasi Dra. Rita Endang Apt., M.Kes menyampaikan presentasinya mengenai Monitoring dan Evaluasi SIPT Pemeriksaan Sarana, Modul Offline, serta SIPT Modul Sampling dan Pengujian yang menjadi pembahasan penting pada Workshop kali ini.

Pada hari berikutnya materi disampaikan oleh perwakilan dari Direktorat Pengawasan dan Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi, yaitu :

  1. Drs Mustofa Anwar, Apt., M. Kes (Direktur Pengawasan Produk dan BB)
  2. Drs. Sukiman Said Umar, Apt (Direktur Insert OT, Kos Dan PK)
  3. Wardhono Tirtosudarmo, S.Si., Apt, (Kasie Pengaturan dan Sertifikasi Narkotik)
  4. Mimin Jiwo Winanti S.Si., Apt (Kasie Inspeksi Sarana Produksi PT dan PKRT)
  5. Chairun Nissa, Apt., MP (Kasubdit Inspeksi Produksi dan Peredaaran Produk Pangan)

Isi dari materi-materi yang disampaikan mengenai tindak lanjut Pusat terhadap hasil Pengujian Balai Besar/Balai POM serta hal-hal yang dibutuhkan oleh Direktorat Pengawasan dan Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi dalam pelaporan hasil pengujian Balai Besar/Balai POM.

Dari hasil Workshop SIPT tahun 2013 kali menghasilkan beberapa point penting hasil dari Diskusi Kelompok dan seluruh Peserta baik Pusat maupun balai Besar/Balai POM mendukung penuh aplikasi SIPT karena dengan aplikasi ini semua laporan tercatat dan tersimpan dengan baik. Sebagai penutup Kepala Bidang Teknologi Informasi menyampaikan Rekomendasi hasil Workshop yaitu dibutuhkan komitmen bersama antara Pusat dan Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia akan Kebutuhan Data yang akan dipergunakan pada aplikasi SIPT Modul Sampling dan Pengujian serta diharapkan menjadi Sistem Informasi Manajemen yang mendukung terhadap Pengawasan Obat dan Makanan, dan terciptanya hubungan baik antara Balai Besar/Balai POM dengan Unit Pusat Badan POM RI.

Pusat Informasi Obat dan Makanan


Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana