Penyerahan Bibit Tanaman Obat oleh Kepala Badan POM Kepada Para Pelaku Usaha Jamu di KTO Badan POM, Citeureup Bogor

29-06-2009 Umum Dilihat 2758 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Senin tanggal 22 Juni 2009, Kepala Badan POM, Dr. Husniah Rubiana Thamrin Akib, MS, M.Kes, Sp FK didampingi oleh Deputi II,Drs. Ruslan Aspan, MM, Direktur OAI, DR.Sherley membagikan bibit tanaman obat hasil Kultur Jaringan secara simbolis kepada GP Jamu, beberapa industri Jamu dan Yayasan Arafah. Pada acara tersebut bibit yang dibagikan adalah Nilam (Pogostemon cablin), Valerian (Valeriana officinale), Inggu (Ruta angustifolia), Artemisia/ Baru Cina (Artemisia vulgaris) dan Mentha/ Poko (Mentha arvensis).

Acara ini dihadiri oleh Ketua GP Jamu, DR. Charles Saerang, Perwakilan dari Menko Ekuin, Menko Kesra, dan Departemen Perdagangan, Ibu Dewi Motik selaku perwakilan dari Kadin Indonesia, Yayasan Arafah, Bandung, beberapa industri jamu antara lain, PT. Jamu Jago Semarang, PT. Nyonya Meneer, PT. Jamoe Iboe, PT. Alomampha Persada, PT. Mustika Ratu, PT. Air Mancur, PT. Sinde Budi Sentosa, PT. Tenaga Tani Farma, PT. Martina Berto (kampung Jamu Organik) dan PT. Deltomed Laboratories. Selain itu acara ini dihadiri juga oleh beberapa pejabat di lingkungan Badan POM.

Dalam sambutannya ibu Kepala Badan POM menyampaikan bahwa Badan POM berupaya menyediakan bibit tanaman obat dengan metode kultur jaringan untuk para produsen terutama produsen Usaha Mikro Kecil dan Menengah sehingga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan bahan baku jamu dan dapat memberi nilai tambah pada produk jamu dan mendukung perkembangan jamu secara khusus.

Sebagai Informasi untuk diketahui bahwa Kebun Tanaman Obat Badan POM berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Citeureup, Bogor. Luas Tanah 3,2 Hektar dengan 420 jenis tanaman.

Adapun fasilitas atau sarana dan prasarana di KTO Citeureup tersebut adalah Gedung kantor/administrasi, Aula/ruang pamer, Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium pengolahan simplisia/ekstrak, Rumah kassa, Rumah kaca, Mess, Tempat pembibitan, Kebun Koleksi dan Sistem Informasi KTO Citeureup (SIKTOC).

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana