Peresmian PIPIMM yang merupakan kerjasama antar instansi pemerintah

03-04-2007 Umum Dilihat 2178 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman (PIPIMM)


Pada tanggal 2 April 2007, bertempat di Departemen Perindustrian, diadakan peresmian PIPIMM (Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman) yang dibentuk berdasarkan Peraturan Menteri Perindustri Republik Indonesia No. : 25/M-IND/Per/03/2007 tanggal 29 Maret 2007 tentang Produk Industri Makanan dan Minuman (PIPIMM).

PIPIMM ini merupakan kerjasama antara instansi pemerintah yaitu Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian, Departemen Kesehatan, Badan POM RI, dan KADIN Indonesia; asosiasi perusahaan makanan dan minuman (FKPI, ASPADIN, GAPMMI, APHMI, AROBIM, NAMPA, APKI, ARIM, APSARI, dan ASRIM), serta perguruan tinggi (SEAMEO-UI, IPB, UGM, dan CSR).

Kepala Badan POM RI bersama-sama dengan Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Kesehatan, dan Ketua UMUM KADIN Indonesia berperan sebagai Pelindung sedangkan Pembina PIPIMM diketuai oleh Direktur Jenderal Industri Agro dan Kimia Departemen Perindustrian dan salah satu anggotanya Deputi III Badan POM RI, dengan memberi arahan umum pelaksanaan tugas pokok organisasi PIPIMM, melindungi tugas pokok organisasi PIPIMM, menetapkan program kerja Pengurus Harian PIPIMM dan memfasilitasi pengurus harian dalam pelaksanaan program kerja organisasi ini. Adapun Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Badan POM RI menjadi anggota Bidang Kebijakan (Regulasi) yang diketuai oleh Direktur Industri Minuman dan Tembakau, Ditjen IAK.

Diharapkan PIPIMM dapat memberikan informasi mengenai industri makanan dan minuman dan melaksanakan edukasi dan sosialisasi kepada industri makanan dan minuman maupun konsumen sehingga isu-isu mengenai makanan dan minuman dapat teratasi.

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana