Peringatan Hari Kesehatan Sedunia 2011

08-04-2011 Umum Dilihat 2765 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 7 April 2011, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Badan POM RI, WHO (World Health Organization), dan beberapa organisasi massa melakukan serangkaian kegiatan dengan mengusung tema “ Gunakan Antibiotik Secara Tepat Untuk Mencegah Kekebalan Kuman”. Tema ini dipilih sebagai pengakuan atas dampak resistensi antimikroba terhadap kesehatan masyarakat secara global, masyarakat dan individu.

Penyelenggaraan Hari Kesehatan Sedunia tahun ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat mengenai dampak resistensi antibiotik dan cara pencegahannya agar dapat melindungi penggunaan obat untuk generasi mendatang dan mencegah penyebaran global resistensi antimikroba yang mengancam efektivitas obat.

Dalam rangkaian acara ini, Badan POM RI berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan antara lain pada kegiatan seminar dan acara puncak yang dipusatkan di Monumen Nasional.

Seminar dengan tema “Antimicrobial Resistence Containment and Prevention” diselenggarakan pada hari Kamis, 7 April 2011 di Balai Kartini Jakarta. Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Sedyaningsih M.PH, Dr.PH. Pada acara ini sekaligus juga diluncurkan Buku Penggunaan Antibiotik secara Rasional.

Pada kegiatan ini Badan POM berpartisipasi sebagai panitia, peserta seminar serta menyajikan produk informasi dalam forum pameran. Dalam kesempatan kunjungan pameran, Menteri Kesehatan berkunjung ke stand pameran Badan POM dan mendapatkan penjelasan mengenai buku Informatorium Obat Nasional Indonesia (IONI) yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi tenaga kesehatan untuk memperoleh informasi obat yang obyektif, lengkap dan valid.

Pesan-pesan kesehatan dari seminar antara lain adalah penggunaan antibiotik yang tepat yaitu:

  1. Gunakan antibiotik hanya dengan resep dokter, dengan dosis dan jangka waktu sesuai resep
  2. Tanyakan kepada dokter atau apoteker, obat mana dari resep yang mengandung antibiotik dan apa manfaatnya
  3. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menurunkan efektivitasnya. Salah penggunaan, antibiotik menjadi tidak efektif dalam membunuh kuman. Ini disebut resistensi (kekebalan) antibiotik, Saat ini banyak kuman yang telah menjadi resisten terhadap antibiotik
  4. Demam, batuk, pilek dan diare, umumnya tidak memerlukan antibiotik tetapi memerlukan konsumsi makanan bergizi, banyak minum dan istirahat. Jika demam atau sakit lebih dari 3 hari, segera pergi ke dokter
  5. Jangan gunakan atau beli antibiotik tanpa resep dokter atau berdasarkan resep lama. Antibiotika tidak dapat digunakan untuk pengobatan sendiri karena dapat menyebabkan resistensi atau akibat lain yang tidak diinginkan
  6. Penggunaan antibiotik yang sembarangan tanpa konsultasi dokter akan merugikan kita dan generasi mendatang, karena kuman menjadi resisten.
Puncak acara Hari Peringatan Kesehatan Sedunia dilakukan dengan menggelar aksi simpatik yang diikuti oleh sekitar 2000 masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan, pelajar, mahasiswa, dan komunitas sepeda pada hari Minggu 10 April 2011 di Monumen Nasional, Jakarta.

Badan POM berpartisipasi dengan memberikan pelayanan informasi dan memamerkan mobil laboratorium keliling Balai Besar POM di Jakarta. Petugas informasi memberikan penjelasan terkait penggunaan antibiotika yang benar serta informasi umum mengenai pengawasan obat dan makanan yang dilakukan oleh Badan POM. Namun informasi yang banyak ditanyakan adalah tentang bagaimana menghindari penggunaan bahan berbahaya pada makanan.

Diharapkan dengan rangkaian kegiatan ini masyarakat akan lebih mengerti mengenai perlunya penggunaan antibiotika yang rasional sehingga untuk kedepannya, pasien bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan klinisnya, dalam dosis yang tepat bagi kebutuhan individunya, untuk waktu yang cukup, dan dengan biaya yang paling terjangkau bagi diri dan komunitasnya. Ilustrasi perlunya menggunakan antibiotika secara tepat untuk mencegah kekebalan kuman, silahkan klik link video film Penggunaan Antibiotika yang Rasional.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang obat termasuk antibiotika, dapat menghubungi Pusat Informasi Obat Nasional (PIO Nas) Badan POM di:

Telepon : 021-4259945,
Faksimili : 021-42889117
Telepon seluler : 08121899530 (diluar jam kerja)
Email : informasi@pom.go.id
Website : w ww.pom.go.id

 

Pusat Informasi Obat dan Makanan

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana