Peringatan Hari Ulang Tahun Badan POM ke-11

31-01-2012 Umum Dilihat 1976 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Tiga program peningkatan mutu kinerja pengawasan obat dan makanan, elektronisasi sistem registrasi pangan low risk, Sistem Informasi Administrasi Pegawai (SIAP) secara elektronik, serta penerapan Quality Management System (QMS) yang sesuai standar ISO 9001:2008, telah dicanangkan sekaligus pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun Badan POM ke-11 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2012. Ketiganya merupakan realisasi Reformasi Birokrasi yang berorientasi pada kepentingan publik sesuai dengan semangat Tata Kelola Pemerintahan yang baik dan berfokus pada efektivitas, efisiensi dan mutu serta optimalisasi pelayanan publik.

Pencanangan elektronisasi sistem registrasi pangan low risk yang berbasis web ini ditujukan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik, serta mempermudah proses. Dengan adanya sistem ini diharapkan proses pendaftaran pangan low risk menjadi lebih cepat, tepat, transparan dan akuntabel dengan tetap mengedepankan perlindungan kepada masyarakat.

Sementara itu, penggunaan SIAP diharapkan mampu memberikan penilaian kinerja kepegawaian dan pengembangan karir pegawai Badan POM menjadi lebih transparan, akuntabel dan dapat mengeliminasi terjadinya kolusi ataupun nepotisme, dengan tetap berorientasi pada pemenuhan harapan publik.

Pada peringatan HUT yang ke-11 ini, Badan POM juga memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 atas penerapan QMS dalam pelaksanaan sistem pengawasan obat dan makanan. QMS Badan POM merupakan suatu sistem yang melingkupi seluruh sub sistem pengawasan obat dan makanan d i unit kerja baik pusat maupun Balai Besar/Balai POM di daerah yang mampu memotret seluruh fungsi pengawasan obat dan makanan secara komprehensif dan mengidentifikasi keterkaitan antar fungsi dan atau antar unit kerja.

Pencanangan ketiga program ini dilakukan untuk memberikan jaminan kepada publik dalam pengawasan obat dan makanan. Di samping pencanangan tiga program di atas, rangkaian kegiatan HUT Badan POM ke-11 juga diisi dengan berbagai acara, antara lain donor darah, lomba pembuatan spanduk dan banner dengan tema “Anti Korupsi” serta lomba paduan suara Mars Badan POM. Di daerah, beberapa Balai Besar/Balai POM mengadakan kegiatan jalan sehat.

Selamat Ulang Tahun, Badan POM! Selamat Bekerja dan Terus Berkarya.

 

 

Biro Hukum dan Humas

 

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana