Pertemuan Pembahasan Pemetaan Kasus Keracunan di Rumah Sakit

20-08-2009 Umum Dilihat 2480 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Pada tanggal 19 Agustus 2009, SIKer Nasional mengadakan Pertemuan Pembahasan Pemetaan Kasus Keracunan di Rumah Sakit yang bertujuan untuk menghasilkan Format Formulir Catatan Medis Kasus Keracunan di Instalasi Gawat Darurat yang efektif. Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Pusat Informasi Obat dan Makanan, Drs. Sukiman Said Umar, Apt.

Acara yang dihadiri oleh 70 peserta, yang terdiri dari 50 Rumah Sakit yang ada di daerah DKI Jakarta, Suku Dinas Kesehatan Masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Departemen Kesehatan, Balai Besar POM DKI Jakarta dan Badan POM dilaksanakan di Hotel Acacia Jakarta.

Dalam acara ini diisi oleh empat pembicara yaitu :

  1. Drs. Sukiman Said Umar, Apt dari Badan POM dengan topik Arti Penting Pemetaan Kasus Keracunan yang dilakukan oleh SIKer Nasional, Badan POM
  2. dr. Muhammad Taufik, MM dari Rumah Sakit Pasar Rebo dengan topik Catatan Medik Kasus Keracunan di IGD Rumah Sakit
  3. dr. S. Dohar A.L. Tobing, Sp.OT dari RSCM dengan topik Alur Penanganan Intoksikasi di UGD di RSCM
  4. dr. Trully S., SpFK, M.Si dari RSHS dengan topik Toksidrom – Parameter Toksikokinetik Peranannya dalam Diagnosis dan Penanganan Keracunan.
Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB ini ditutup oleh Kepala Bidang Informasi Keracunan, Dra. Daya Sundari, Apt. Sebelum acara tersebut ditutup diberikan kesimpulan yaitu: Hasil dari pertemuan pembahasan ini akan dijadikan masukan untuk menyempurnakan dan menyederhanakan Format Formulir Catatan Medis Kasus Keracunan di IGD yang telah ada sebelumnya, dan selanjutnya akan ditindaklanjuti ke jenjang yang lebih tinggi dalam bentuk kesepakatan bersama antara Badan POM dengan Ditjen Pelayanan Medik DepKes sehingga dapat menjadi landasan pada kegiatan selanjutnya.

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana