Piloting Aplikasi e-Payment Badan POM

02-09-2013 Umum Dilihat 1958 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Jakarta – Untuk mewujudkan Penyelenggaraan Good Governance, pada tahun 2013 Badan POM siap “melahirkan” Sistem Pembayaran PNBP secara Online (e-Payment Badan POM). Untuk menjamin kualitas sistem, tahap demi tahap ujicoba terus dilakukan salah satunya dengan menyelenggarakan Piloting Aplikasi pada tanggal 2 September 2013 di Jakarta dengan mengundang beberapa Industri Kosmetik. Acara ini dipimpin langsung oleh Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetik, Dra. Frida Tri Hadiati, Apt dan dihadiri oleh perwakilan Pusat Informasi Obat dan Makanan, perwakilan Direktur Penilaian Obat Tradisional, Suplemen Makanan dan Kosmetik, perwakilan Biro Perencanaan dan Keuangan, perwakilan Biro Umum, perwakilan BNI dan konsultan pengembang Aplikasi.

Dalam kesempatan kali ini, Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes. sebagai Kepala Bidang Teknologi Informasi – Pusat Informasi Obat dan Makanan memaparkan materi “Sistem Informasi Manajemen Pilar Perkuatan e-Payment Notifikasi Kosmetik Badan POM”.

Penerapan sistem ini merupakan jawaban dari beberapa aspek yang dirasa kurang efektif seperti sistem pencatatan laporan secara manual serta proses pembayaran biaya registrasi/notifikasi yang cenderung memakan banyak waktu. Ditahun ini, sebagai pilot project e-Payment Badan POM bekerjasama dengan BNI akan diterapkan terlebih dahulu untuk Notifikasi Kosmetik. Untuk pengembangan berikutnya, akan diterapkan untuk seluruh komoditi dan sistem Multi-Bank.

Badan POM sebagai salah satu penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sisi pengawasan Obat dan Makanan terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen organisasi dan pelayanan publik yang berorientasi pada aspek transparansi dan akuntabilitas informasi.

Dengan demikian, e-Payment Badan POM diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi semua pihak yang terkait.

 

 

Pusat Informasi Obat dan Makanan

 

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana