Press Briefing Kegiatan Tim Terpadu Pengawasan Barang Beredar (Tim TPBB)

29-02-2012 Umum Dilihat 2832 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Pada tanggal 28 Februari 2012 pada pukul 10.00 WIB dilaksanakan press briefing hasil pelaksanaan kegiatan Tim TPBB kepada media massa. Dalam kesempatan itu, BPOM yang diwakili oleh Deputi Bidang Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Bapak Roy Sparringa bersama dengan Wakil Menteri Perdagangan Bapak Bayu Krisnamurthi mengumumkan hasil pengawasan barang beredar dan jasa dalam rangka perlindungan konsumen. Pengawasan tersebut dilakukan terhadap produk yang tidak memenuhi ketentuan standar SNI Wajib, yang terkait dengan keselamatan, keamanan, kesehatan dan lingkungan hidup. Fokus pengawasan Badan POM mencakup label dalam bahasa Indonesia, produk tanpa izin edar / registrasi seperti MD/ML, P-IRT, CD/CL, serta produk tanpa SKI.

Dalam kesempatan itu, BPOM RI menampilkan berbagai temuan pelanggaran Obat, Obat Tradisional, Kosmetik dan Pangan hasil kegiatan Tim TPBB selama kurun waktu 2010 – 2011. Selain itu juga ditampilkan temuan Tim TPBB bulan Februari 2012 di Surabaya berupa produk kosmetik illegal dengan merek kosmetik seperti yang sudah terdaftar (Contoh : Ponds) serta merek lain seperti Tai Lai May, HDL, Qianyan dan Pund’s sebanyak 33 jenis produk yang terdiri dari sekitar 31,893 kemasan yang diperkirakan senilai Rp. 295.293.500,-.

Langkah pengawasan ini akan dilakukan secara terus menerus dan konsisten dengan tujuan bukan saja untuk melindungi konsumen dari produk-produk yang tidak memenuhi ketentuan, namun juga untuk menjamin kepastian hukum bagi pelaku usaha yang selama ini telah memproduksi dan memperdagangkan barang secara tertib dan taat aturan. Sejalan dengan upaya itu, tak kalah pentingnya adalah partisipasi aktif konsumen untuk bersikap kritis dan membantu pemerintah dalam melakukan pengawasan.

 

Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Pangan

 

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana