Rajut Heterogenitas Nusantara, Kolaborasi Majukan Indonesia

28-10-2023 Umum Dilihat 489 kali Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Bali – BPOM gelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di halaman Balai Besar POM di Denpasar, Sabtu (28/10/2023). Upacara dipimpin oleh Kepala BPOM, Penny K. Lukito, diikuti oleh para pimpinan unit pelaksana teknis (UPT) dari seluruh wilayah Indonesia serta pegawai BPOM secara online maupun offline. Para peserta upacara pun tampak mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia sebagai wujud nyata terjalinnya ikatan heterogenitas yang harmoni di bumi Nusantara.

“Setiap tanggal 28 Oktober, kita selalu merayakan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP). Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong-royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.” ucap Kepala BPOM mengutip sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia. Makna logo ini menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. 

Dalam perannya memajukan Indonesia, BPOM tidak hanya terbatas dalam ruang lingkup teknis dalam mengawasi obat dan makanan. Namun, terus bergerak membangun sumber daya manusia yang unggul, demi mendorong kemandirian masyarakat dalam menjalankan usaha di bidang obat dan makanan untuk senantiasa mewujudkan kemudahan berusaha serta mengedukasi masyarakat agar terhindar dari obat dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan.

“Sekecil apapun yang dilakukan, BPOM akan terus melaksanakan apa yg dicita-citakan oleh para pejuang kita. Tugas kita adalah terus bekerja. Terima kasih atas kerja sama para pegawai tua maupun muda, sehingga kita mampu membuktikan eksistensi kita dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dalam tujuan yang mulia bersama para pemuda memajukan Indonesia” pesan Kepala BPOM kepada para pegawai.

Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia, sehingga seiring dan sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Kepala BPOM menekankan bahwa setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor. 

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Di mana pun kita ditempatkan, kita harus terus berjuang membangun bangsa agar lebih maju” pungkasnya mengakhiri upacara. (HM-Rizky)

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat

Berita Terkait

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana