Seminar Pangan Jajanan Anak Sekolah Yang Aman, Bermutu, dan Bergizi

02-08-2013 Umum Dilihat 1867 kali Pusat Data dan Informasi Obat dan Makanan

Umum

Terbangunnya kemandirian komunitas sekolah dalam keamanan pangan, khususnya Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) menjadi salah satu latar belakang diselenggarakannya Seminar untuk Para Guru terkait PJAS. Seminar ini ditujukan untuk mengingatkan kembali para guru agar bersama-sama membangun kemandirian sekolah dalam mengawasi PJAS.

Seminar Guru ini merupakan salah satu perwujudan dari 5 strategi Gerakan Nasional Menuju PJAS yang Aman, Bermutu, dan Bergizi yang dicanangkan oleh Wakil Presiden RI pada 31 Januari 2011. 5 strategi tersebut yaitu (1) Perkuatan program PJAS; (2) Peningkatan “awareness” komunitas PJAS; (3) Peningkatan kapasitas sumber daya PJAS; (4) Modeling dan replikasi kantin sekolah; dan (5) Optimalisasi manajemen Aksi Nasional PJAS.

Seminar Guru dan Konferensi Media yang dilaksanakan di Gedung Cawang Kencana tanggal 27 Juli 2013, dihadiri oleh 400 orang guru, terutama kepala sekolah dan guru UKS, serta media cetak dan media online. Acara terselenggara berkat kerjasama Badan POM dengan CSR PT. Sari Enesis Indah. Turut hadir dalam seminar, Bapak Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Plt. Kepala Badan POM RI, dan 3 orang pembicara yang terdiri dari Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya, Psikolog Ibu Rose Mini, dan Dokter ahi anak Bapak Dr. Rachmat Sentika.

Bapak Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan dalam sambutan pembukaannya menekankan bahwa peran guru sangat besar sebagai role model, sehingga sangat tepat jika pesan-pesan PJAS disampaikan ke anak-anak melalui para guru. Para guru agar mengajak orangtua siswa, dan komite untuk turut mendukung program keamanan pangan sekolah. Selain itu, guru juga diminita membina kantin dan pengelola kantin agar dapat menyediakan pangan jajanan yang aman, bermutu, dan bergizi. Ibu Plt Kepala Badan POM dalam sambutannya juga mengharapkan, dengan membangun kesadaran semua anggota komunitas sekolah akan keamanan pangan jajanan yang aman, bermutu, dan bergizi, maka masyarakat sekolah dapat dengan cerdas memilih sendiri pangan yang akan dikonsumsi.

Bapak/Ibu guru diharapkan lebih peduli terhadap keamanan PJAS dan dapat memberdayakan komunitas sekolah untuk mengawasi dan menyediakan jajanan yang aman, bermutu dan bergizi, melalui keterlibatan Tim Keamanan Pangan Sekolah. Dengan terbangunnya kemandirian komunitas sekolah dalam keamanan pangan, khususnya PJAS di sekolah, maka makanan yang dikonsumsi oleh anak sekolah dapat aman, bermutu, dan bergizi, sehingga mendukung terwujud sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Meskipun dalam kondisi puasa, seluruh peserta mengikuti jalannya seminar dengan antusias. Hal ini terbukti besarnya minat para guru untuk membina kantin melalui Piagam Bintang Keamanan Pangan Kantin Sekolah. Semoga kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan pembinaan komunitas sekolah di masing-masing sekolah oleh para Bapak/Ibu guru yang ikut dalam kegiatan ini.

Direktorat Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan

Bagikan:

Klik disini untuk chat via WhatsApp!+
Sarana